Secara Teknis Gedung Bank Sultra Selesai, Sisa Halaman Depan – Abdul Latif : Gunakan Dana BPD bukan Dana Pemprov

KENDARI, WAJAHSULTRA.COM — Pembangunan Gedung Tower Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah rampung. Namun hingga saat ini, pembangunan yang menelan anggaran 116 miliar belum difungsikan.

Padahal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra telah sekian kali berencana memindahkan pelayanan di gedung yang berada di jalan Abdullah Silondae, Kecamatan Kota Mandonga, Kota Kendari.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Bina Marga Sultra, Fahri yamsu mengatakan secara teknis bangunan itu sudah selesai. “Yang belum selesai itu halaman depan,” ujar Fahri. Rabu, (03/03).

Terkait belum difungsikan itu tambahnya tidak ada kaitannya dengan Pemprov, karena gedung itu menggunakan dana pribadi mereka (BPD, red). “Seperti halnya membangun rumah, mau ditinggali atau belum tergantung pemilik rumah,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif menyampaikan bahwa belum difungsikan gedung yang dibangun sejak kepemimpinan Nur Alam itu, karena belum semuanya tuntas.

Sejauh ini kata Abdul Latif, pembangunan tower Bank Sultra baru merampungkan tahap satu. Meliputi pekerjaan arsitektur, struktur dan mekanical elektrik. Sementara pembangunan tahap dua, akan dilanjutkan di tahun 2021 ini. “Kita targetkan tahun ini segera difungsikan,” ujarnya melalui sambungan teleponnya.

Dalam waktu dekat ini bakal dilanjutkan pembangunan ke tahap dua. Ada beberapa pekerjaan yang akan diselesaikan dalam proyek lanjutan ini. Diantaranya pekerjaan sanitary, sewage treatment plan (STP) atau sistem pengolahan air limbah domestic, pekerjaan interior, meubeler dan penataan halaman atau landscape.

Namun, perlu diketahui masih kata Abdul Latif pekerjaan pembangunan tahap dua, nantinya akan diawali dengan proses lelang melalui Biro Layanan Pengadaan (BLP) Setda Provinsi Sultra.

Akan tetapi, sebelum memasuki pembangunan tahap II itu, pihaknya telah melakukan proses reviuw terlebih¬† dahulu terhadap hasil pekerjaan tahap satu. Dalam proses ini, Bank Sultra menggandeng pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan (BPKP) Provinsi¬†Sulawesi Tenggara. “Insya Allah tahun ini kita akan manfaatkan,” tutup Abdul Latif. (P2/c/hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img