Presiden Joko Widodo Kunker ke Sulawesi Tenggara

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Presiden Joko Widodo beserta rombongan menempuh penerbangan selama kurang lebih dua jam 40 menit dan mendarat di Bandar Udara Internasional Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan. Presiden Joko Widodo akan lepas landas menuju Bandar Udara Betoambari, Kota Baubau.

Presiden  Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara pada Senin, 26 September 2022. Dengan menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU, Presiden Joko Widodo dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 12.00 WIB.

Presiden Joko Widodo beserta rombongan akan menempuh penerbangan selama kurang lebih dua jam 40 menit dan akan mendarat di Bandar Udara Internasional Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan. Selanjutnya, Presiden Joko Widodo akan lepas landas menuju Bandar Udara Betoambari, Kota Baubau.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menyampaikan bahwa setelah dari Kota Baubau, Presiden Joko Widodo juga akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

“Hari ini, hari Senin, beliau akan melakukan kunjungan kerja kembali ke Maluku yaitu ke Halmahera. Sebelumnya, hari ini (Presiden Joko Widodo) langsung ke Kota Baubau lalu nanti ke beberapa kota lainnya, dan terakhir adalah di Sofifi,” ucap Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menjelaskan bahwa dalam kunjungan kerjanya kali ini Presiden Joko Widodo akan menyapa masyarakat sekaligus memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bantuan sosial lainnya.

“Presiden Joko Widodo akan menyapa masyarakat dan tentunya kali ini ada tambahan kegiatan di setiap titik yaitu memastikan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan terkait dengan para tenaga kerja yang terdampak kenaikan BBM,” tutur Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono..

Lebih lanjut, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menuturkan bahwa Presiden Joko Widodo akan memastikan bahwa bantuan dari pemerintah dapat tersalurkan kepada masyarakat yang berada di wilayah-wilayah yang sulit terjangkau.

“Beliau akan memastikan di kota-kota yang susah terjangkau itu akan tersalurkan. Mudah-mudahan kunjungan kerja mulai dari hari Senin sampai dengan hari Rabu bisa berjalan dengan lancar,” ucap Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono..

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Tenggara antara lain Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah; Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia; Sekretaris Militer Presiden, Laksda TNI Hersan; Komandan Paspampres. Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko; dan Deputi Bidang Protokol, Pers, Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin; Gubernur Ali Mazi, Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse; dan Forum Koordinasi Pimpinan Dearah Kota Baubau.

Pengaman Presiden

Sebanyak 2.506 personel gabungan TNI-Polri di Sulawesi Tenggara disiagakan untuk mengamankan kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana serta rombongan lainnya di Kota Baubau. Pelaksana Harian (Plh) Kepala Penerangan Korem 143/Haluoleo, Lettu (Inf.) Rusmin Ismail, mengatakan ribuan personel tersebut akan melakukan pengamanan di tiga daerah, yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, dan Buton Selatan.

“Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan yang dipimpin Danrem 143/Haluoleo sudah dilaksanakan yang melibatkan 2.506 personel gabungan TNI-Polri, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Kesehatan, Basarnas, dan Satpol-PP,” kata Plh. Kepala Penerangan Korem 143/Haluoleo, Lettu (Inf.) Rusmin Ismail.

Plh. Kepala Penerangan Korem 143/Haluoleo, Lettu (Inf.) Rusmin Ismail, menjelaskan personel gabungan akan melakukan pengamanan di jalur yang dilalui dan tempat yang bakal dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi. Plh. Kepala Penerangan Korem 143/Haluoleo, Lettu (Inf.) Rusmin Ismail, menyatakan, dalam sambutan Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, yang dibacakan oleh Komandan Korem 143/HO, Brigjen TNI Yufti Senjaya, menekankan, agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

“Untuk mencapai hal itu, Danrem menekankan agar diperlukan kerja sama dan komunikasi yang terintegrasi dengan semua pihak terkait,” ujar Plh. Kepala Penerangan Korem 143/Haluoleo, Lettu (Inf.) Rusmin Ismail. Selain itu, seluruh unsur yang terlibat dalam pengamanan diminta agar memaksimalkan persiapan demi kelancaran kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di tiga daerah tersebut.

Seluruh personel diminta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, menciptakan sinergi yang solid serta segera melakukan langkah-langkah preventif dan antisipatif terhadap setiap kendala sekecil apa pun.

Presiden Joko Widodo diagendakan bakal mengunjungi Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dalam rangka penyerahan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak penyesuaian harga BBM pada 26 sampai dengan 27 September 2022.

Deputi Kepala Sekretariat Presiden, Bidang Protokol, Pers dan Media Kementerian Sekretariat Negara RI, Bey Machmudin, mengatakan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana bakal bertolak menuju Bandara Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan sekitar pukul 16.00 WIB pada Senin 26 September 2022.

“Pada pukul 19.45 WITA, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana diperkirakan tiba di Bandara Haluoleo,” kata Deputi Kepala Sekretariat Presiden, Bidang Protokol, Pers dan Media Kementerian Sekretariat Negara RI, Bey Machmudin. Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana menuju Bandara Haluoleo untuk kemudian menuju Kota Baubau. Di Kota Baubau, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana kemudian menuju lokasi penyerahan Bantuan Subsidi Upah dan Pemberian Bantuan Modal Kerja.

Setelah menyerahkan bantuan tersebut, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana bersama rombongan kemudian menuju Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan dengan agenda yang sama.

“Dari Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan, acara selesai, selanjutnya Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana dan rombongan menuju Bandara Betoambari, Kota Baubau, selanjutnya lepas landas menuju Ternate,” kata Deputi Kepala Sekretariat Presiden, Bidang Protokol, Pers dan Media Kementerian Sekretariat Negara RI, Bey Machmudin. (Ilham/hen)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img