Konasara Ekspo Sukses Majukan UMKM Konawe Utara, Juga Jadi Ajang Mempromosikan Kebudayaan Konawe Utara

WANGGUDU, WAJAH SULTRA, COM–Konasara Ekspo, sebuah festival kebudayaan yang digelar di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, ternyata sangat  sukses dalam memajukan UMKM setempat.

Festival yang berlangsung selama empat hari, 30 Desember  Sampai 02 Januari 2023, ini diikuti oleh ratusan pelaku UMKM dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara. Mereka memamerkan berbagai produk unggulannya, mulai dari kuliner, kerajinan tangan, hingga fashion.

Salah satu pelaku UMKM yang Akan turut serta dalam festival ini adalah Rostina. Ia akan menjual berbagai macam kain tenun khas Konawe Utara. Rostina mengharapkan omzet penjualannya akan meningkat hingga 50% selama festival berlangsung.

“Alhamdulillah, kami sebagai masyarakat Konawe Utara senang sekali  dengan adanya Event seperti ini, ” kata Rostina penuh antusias.

Selain memajukan UMKM, Konasara Ekspo juga menjadi ajang untuk mempromosikan kebudayaan Konawe Utara. Festival ini menampilkan berbagai macam kesenian tradisional, seperti tari-tarian, musik, dan upacara adat.

Perlombaan Mobil  Hias dan Fashion Show Kain Tenun Konawe Utara

Selain pameran UMKM, Konasara Ekspo juga dimeriahkan oleh berbagai macam lomba, seperti perlombaan Kendaraan hias dan fashion show kain tenun.

Perlombaan Kendaraan hias diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan. Mereka berlomba untuk memperebutkan hadiah berupa uang tunai dan piala.

Sedangkan fashion show kain tenun diikuti oleh puluhan model dari berbagai daerah. Mereka menampilkan berbagai macam kreasi kain tenun Konawe Utara.

Kadis Pariwisata Konawe utara,Ir. Riyas Aritman, SP, M.Si mengatakan, festival ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Konawe Utara dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami berharap, festival ini dapat menjadi agenda tahunan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan,” kata  Ir. Riyas Aritman, SP., M.Si. (Akbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img