Jokowi Resmikan Pabrik Gula di Bombana

KENDARI, WAJAHSULTRA.COM — Presiden H Ir Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi SH, beserta rombongan melakukan penijauan dan peresmian pabrik gula PT. Prima Alam (PT.PAG) Gemilang di Kabupaten Bombana, Provinsi Sultra, Kamis (22/10/20).

Kedatangan Jokowi ke Sultra merupakan agenda kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI, dalam rangka meresmikan pabrik gula PT. PAG dan juga Jembatan Teluk Kendari (Jembatan Bahteramas).

Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutanya mengatakan kedatangan Presiden RI ke Sultra dapat menjadi energi positif dalam pembagunan yang ada di bumi Anoa. ia juga mengucapkan selamat datang kepada Presiden dan juga rombongan.

“Kehadiran Bapak Presiden bersama ibu Negara, kami pandang sebagai wujud kecintaan dan perhatian kepada masyarakat Sulawesi Tenggara. Insyah Allah dapat menjadi energi positif dan keberkahan dalam pembanguna di bumi anoa,” ungkapnya .

Lebih lanjut, kata dia dengan peresmian pabrik gula PT. PAG Bombana yang merupakan anak perusahan dari jhonlin group ini, mulai dibangun sejak bulan November 2017 dan baru berproduksi pada bulan Agustus 2020, dengan kapasitas pengolahan tebu dapat mencapai 8.000 hingga 12.000 ton tebu per hari.

“Dengan kapasitas produksi gula sebanyak 8000 ton per hari, dan dapat mencapai 1.200 ton per hari. Jumlah produksi tersebut merupakan produksi terbesar di indonesia yang dimiliki oleh pengusaha dalam negeri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pabrik gula PT. PAG juga merupakan salah satu pabrik gula yang terintegrasi dengan areal perkebunan tebu seluas 20.000 hektar. Dengan tenaga kerja sebanyak 1.250 orang, bahkan pada musim panen dapat menyerap tenaga kerja hingga mencapai 6.600 orang.

“Maka dari itu, dimasa mendatang diharapkan akan terus bertambah, sehingga pabrik ini dapat terus berkontribusi dalam menyerap tenaga kerja lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di kabupaten bombana dan sekitarnya,” harapnya. (AFT/hen)

spot_img
spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

BERITA TERKINI