Gubernur Sultra Raih Penghargaan di Ajang Berita Satu Public Leader Awards 2022

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi meraih penghargaan di ajang Public Leader Awards (PLA) 2022 yang digelar oleh Berita Satu Media Holding (BSMH), sebuah stasiun televisi swasta digital terkemuka di Indonesia. Penghargaan itu diberikan pada total 14 Gubernur se-Indonesia untuk empat kategori.

PLA 2022 merupakan ajang apresiasi kepada para pemimpin publik, yakni gubernur. Para gubernur yang diberi penghargaan adalah mereka yang dinilai mampu menampilkan kepemimpinan inovatif dan produktif untuk mendorong pembangunan dengan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik. Ajang ini juga dimaksudkan untuk membangun tradisi mengapresiasi kerja keras serta pencapaian para pemimpin publik di daerah.

Ada empat kategori penghargaan yang diberikan kepada Gubernur di Indonesia, yakni kategori wilayah, membangun infrastruktur, mempercepat pembangunan daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T), dan kategori penerapan good governance.

Gubernur Sultra dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik untuk kategori terbaik dalam membangun infrastruktur. Penilaian didasarkan atas lima indikator, yakni perkembangan jalan, pertumbuhan pelanggan PDAM, rasio elektrifikasi (penduduk yang memperoleh layanan listrik), kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, dan pertumbuhan belanja modal dalam APBD.

Berdasarkan kelima indikator tersebut, Gubernur Ali Mazi bersama dengan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik.

Penyerahan penghargaan PLA 2022 diselenggarakan pada 18 Maret 2022 lalu, yang disiarkan secara langsung di Berita Satu News Channel. Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin hadir dan memberikan sambutan yang disampaikan secara online.

Penilaian Gubernur Terbaik pada PLA 2022 dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari lima orang, yakni Profesor Mudrajad Kuncoro PhD (Rektor Universitas Trilogi Jakarta dan Guru Besar Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada) sebagai ketua.

Selanjutnya, Profesor Robert Arthur Simanjuntak PhD (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia), Dr Telisa Aulia Falianty SE ME (Associate Profesor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Asisten Staf Khusus Sekretariat Presiden), Agus Pambagio (pakar kebijakan publik), serta Primus Dorimulu (Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holdings).

Saat memberikan sambutan secara virtual, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin berharap 14 Gubernur Terbaik itu dapat menjadi inspirasi bagi para kepala daerah lain untuk maju dan melakukan berbagai terobosan, khususnya di era kebangkitan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Semoga ajang penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi para gubernur, tetapi akan menginspirasi daerah lain untuk terus maju, menghasilkan terobosan, dan pembaruan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Wapres.

Public Leader Award 2022 merupakan penyelenggaraan tahun kedua yang digelar oleh Berita Satu Media Holding sebagai upaya untuk memberikan apresiasi kepada para Gubernur atas pencapaian kinerjanya.

Pada kategori wilayah, Gubernur Terbaik masing-masing diraih oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (Sumatera), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Jawa dan Bali), Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran (Kalimantan), Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (Sulawesi dan Papua), dan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat (Provinsi Kepulauan).

Ada tiga indikator penilaian untuk kategori wilayah, yakni pelayanan publik dan pelaksanaan good governance, kesejahteraan rakyat & pembangunan ekonomi, dan kesehatan & penanganan Covid-19.

Kategori berikutnya adalah Gubernur Terbaik untuk mempercepat pembangunan daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T), dengan indicator perkembangan desa tertinggal, tingkat kemiskinan, dan perkembangan desa sangat tertinggal.

Gubernur terbaik dalam percepatan pembangunan daerah 3T adalah Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, dan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

Kategori terakhir adalah Gubernur Terbaik dalam menerapkan good governance. Penilaian didasarkan atas indikator keterbukaan informasi publik, Indeks Persepsi Korupsi, dan hasil SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan). Penghargaan atas kategori ini diraih oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Bali I Wayan Koster, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.(*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img