Gubernur Ali Mazi Tinjau Terminal Tipe B Wasaga, di Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton

BUTON,WAJAHSULTRA,COM–Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., meninjau kesiapan Terminal Tipe B Wasaga diresmikan, di Wakoko, Kelurahan Wasaga, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Senin, 27 Februari 2023.

Hadiri antara lain Pj. Bupati Buton, Basiran; Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra, Muhammad Rajulan; Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin; Wakapolres Buton, Kompol Reda Irfanda; dan Pabung Kodim 1413 Buton, Mayor Arh. La Ode Mursalim.

Pj. Bupati Buton, Basiran mengatakan, Gubernur Ali Mazi berkunjung ke Kabupaten Buton dalam rangka peresmian Terminal Tipe B Wasaga. “Tentu dalam acara ini, kami juga mengundang warga masyarakat sebagai bagian dari rasa syukur terhadap adanya terminal tipe B yang dibangun di ibukota Kabupaten Buton.”

Pj. Bupati Buton, Basiran berharap kepada semua pihak agar menyukseskan rencana peresmian ini. Selain itu camat maupun masyarakat dapat memanfaatkan momen itu untuk berdialog bersama

Gubernur Ali Mazi untuk memperjelas program prioritas apa di wilayah Kabupaten Buton.

“Khususnya, Camat Kapontori sebagai hibah Pemerintah Provinsi atas tanah dua hektar yang ada di Kapontori untuk pembangunan RS Pratama di Wakalambe, juga ada usulan masyarakat yang disampaikan langsung kepada Gubernur Ali Mazi terkait program prioritas gubernur di wilayah Kabupaten Buton,” ujar Pj. Bupati Buton, Basiran.

Setelah dibangun dengan sistem penganggaran multiyear oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Terminal Tipe B Wasaga di Pasarwajo, Kabupaten Buton, kini telah rampung dan siap digunakan. Dinas Perhubungan Kabupaten Buton

tinggal menunggu penyerahan dari provinsi ke kabupaten untuk kemudian mengelola pusat pelayanan transportasi itu. Jika tak ada kendala, aset Pemprov itu akan dipindahtangankan.

Saat ini tidak ada lagi pekerjaan fisik di terminal itu. Sebab semua fasilitas sudah dirampungkan. Terakhir pembangunan pagar dan pengaspalan area dalam terminal. Tinggal tunggu kesiapan Gubernur Ali Mazi untuk meresmikan.

Soal manajemen pengelolaan nanti, pihaknya akan tetap mengacu pada panduan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sultra. Baik itu soal retribusi tarif angkutan dan rute keluar masuk kendaraan, petunjuknya nanti bersama Kadis

Perhubungan tentu akan ada perjanjian pengelolaan dan panduan.

Saat ini pihaknya sudah mendata angkutan kota dalam kabupaten, angkutan kota dalam provinsi yang kemungkinan akan dipusatkan di terminal. Kehadiran terminal tersebut akan semakin menertibkan arus lalu lintas di Kabupaten Buton. “Lebih tertib kalau sudah ada terminal. Sekarang kan hanya lewat-lewat saja, terserah mau ambil penumpang di mana. Kira-kira begitu terminal aktif, akan lebih baguslah untuk kita,” terang Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra, Muhammad Rajulan.

Soal sosialisasi ke sopir-sopir dan masyarakat, membutuhkan waktu untuk memberikan pemahaman. Yang jelas, jika aturan main sudah ada, tentunya tinggal diterapkan. “Kita juga mohon kerja sama semua pihak. Supaya pengelolaan terminal itu berjalan dengan baik dan kita menerima manfaat yang besar dari kehadiran fasilitas tersebut,” pungkas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra, Muhammad Rajulan.

Kerjasama dapat terjalin dengan baik agar acara berjalan lancar dan sukses. Salah satu yang dipersiapkan adalah para pemuka agama yang akan melaksanakan ritual sebelum acara di gelar. Peresmian ini juga sebagai sarana untuk berkumpul, agar Gubernur Ali Mazi dapat bertemu langsung dengan masyarakat Kabupaten Buton.

Wakapolres Buton, Kompol Reda Irfanda, mengakui menerjunkan personel Kepolisian Resort Buton membantu dalam melaksanakan acara berjalan dengan baik. “Polres Buton melaksanakan pengamanan karena ini merupakan suatu kebanggaan. Terminal diresmikan langsung oleh Gubernur Ali Mazi. Kita dibantu kekuatan keamanan dari TNI dan Polisi Pamong Praja.”

Hal senada juga didampaikan Pabung Dandim 1413 Buton, TNI juga siap mendukung pelaksanaan peresmian Terminal Tipe B Wasaga. “TNI akan mendukung sepenuhnya pengamanan bersama Polri dan Pol PP. Sebagai masyarakat Kabupaten Buton ini adalah kesempatan untuk berdialog langsung dengan gubernur.”

Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin memastikan mobilisasi peserta acara dilaksanakan dengan baik. Untuk urusan dalam terminal menjadi urusan Dinas Perhubungan Provinsi. Kemudian Pemerintah Kabupaten Buton di soal mobilisasi dan ketertiban, sementara di luar terminal dan peserta acara menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Buton. Pembangunan Terminal Type B Wasaga, Kabupaten Buton kini rampung. Kelengkapan yang disiapkan tersebut, diantaranya seperti ruang tunggu terminal.

Diperkiarakan dua ribuan massa menyambut kedatangan Gubernur Ali Mazi di Terminal Wasaga. Untuk itulah Pemkab Buton sebagai tuan rumah memantapkan persiapan kunjungan kerja gubernur tersebut. “Semua ASN dan non-ASN, Majelis Taklim, Ormas dan masyarakat Kabupaten Buton menghadiri secara langsung persemian. Gubernur

Ali Mazi juga membuka dialog dengan masyarakat,” kata Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, mewakili Pj. Bupati Buton.

Guberur Ali Mazi disambut sejumlah masyarakat yang dikoordinir langsung Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata. Sedangkan perangkat adat didampingi pihak Kecamatan Pasarwajo. Rencana penyambutan oleh pelajar SD dan SMP, SMA disiapkan oleh Dinas Pendidikan dan Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan.

Terminal Tipe B tersebut berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk Angkutan Kota Dalam Provinsi AKDP), Angkutan Kota (AK) serta Angkutan Pedesaan (ADES). Misalkan dari Pasarwajo, Lasalimu dan sekitarnya sebelum ke Baubau wajib singgah dulu di Terminal Tipe B. (Ilham/hen)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img