Gubernur Ali Mazi Minta Sukseskan MTQ Korpri V Tingkat Nasional di Kendari

KENDARI, WAJAHSULTRA.COM — Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH, meminta seluruh elemen masyarakat di Sultra untuk ikut menyukseskan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri ke-V Tingkat Nasional yang digelar di Kota Kendari, 12-20 November 2021.

Hal itu disampaikan Gubernur Ali Mazi dalam acara Pisah Sambut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra yang digelar di Rumah Jabatan Gubernur, Jumat 5 November 2021, malam.

“Saat ini, pemerintah provinsi sedang giat-giatnya menjalankan program pembangunan daerah dan juga sedang bersiap melaksanakan agenda yang bersifat nasional, yakni menjadi Tuan Rumah Penyelenggara MTQ Korpri ke-V Tingkat Nasional. Penyelenggaraan even Nasional ini diharapkan membawa berkah bagi Sultra,” kata Gubernur Ali Mazi dalam sambutannya.

Oleh karena itu, Gubernur Ali Mazi secara khusus menitip harapan kepada Kakanwil Kemenag Sultra bersama jajarannya, agar dapat memaksimalkan peran Kanwil Kemenag dalam menyukseskan MTQ Korpri ke-V serta program pemerintah provinsi dan kabupaten/kota secara umum.

Dalam acara tersebut, sejumlah pejabat di Sultra terlihat hadir antara lain Wakil Gubernur Dr. H. Lukman Abunawas, SH., M.Si, Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Shaleh, SH, MH., dan Kapolda Sultra Irjen Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya, SH., (yang baru saja ditugaskan sebagai Kapolda Bangka Belitung).

Sementara itu, menyinggung pergantian Kakanwil Kemenag Sultra, Gubernur Ali Mazi mengungkapkan bahwa proses pergantian pimpinan dalam tatanan organisasi pemerintahan, merupakan hal yang lazim dilaksanakan sebagai salah satu upaya penyegaran perangkat organisasi agar tetap berjalan selaras dan seimbang sesuai tujuan organisasi itu sendiri.

Gubernur Ali Mazi juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam berinteraksi selama ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan, dan sekaligus menyampaikan terima kasih atas segala upaya, kerja keras, dan dedikasinya selama menunaikan tugas di Sultra.

Sebagaimana yang dipahami bersama, bahwa proses pergantian pimpinan dalam tatanan organisasi pemerintahan kita, merupakan hal yang lazim dilaksanakan sebagai salah satu upaya penyegaran perangkat organisasi yang tetap berjalan dalam keselarasan dan keseimbangan sesuai tujuan organisasi itu sendiri. demikan pula dalam tubuh organisasi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Berkenaan dengan itu, saya selaku Pimpinan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya acara Pisah Sambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara dari pejabat lama kepada pejabat baru, yang dilaksanakan pada kesempatan ini. dan untuk itu, saya secara pribadi, dan atas nama pemerintah provinsi serta mewakili masyarakat Sulawesi Tenggara, mengucapkan Selamat Menjalankan Tugas sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur Ali Mazi.

Kepada pejabat lama, Fesal Musaad, S.Pd., M.Pd., Gubernur Ali Mazi mengucapkan Selamat Berpisah, untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru, sebagai Kepala Biro Umum Setjen Kemenag RI. “Diiringi permohonan ma’af yang mendalam, apabila dalam berinteraksi selama ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati. Tak lupa kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala upaya, kerja keras, dan dedikasinya selama menunaikan tugas selaku Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur Ali Mazi.

Keberadaan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sultra sebagai perpanjangan tangan Kementerian Agama Republik Indonesia di wilayah Sultra, telah mampu membangun sinergitas dengan berbagai elemen penyelenggara pemerintahan lainnya dan masyarakat, dan telah memberi ruang yang cukup bagi pemerintah daerah untuk merespon dengan cepat perkembangan dan dinamika kehidupan masyarakat melalui kebijakan pembangunan daerah, guna memenuhi tuntutan kebutuhan dan harapan masyarakat.

Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sultra telah mampu mejalankan peran-peran penting dalam spektrum tugas yang begitu luas, seperti dalam Fungsi Bimbingan Masyarakat Beragama, Pelayanan Nikah, Pembinaan Pengelolaan Zakat dan Wakaf serta Dana Sosial Keagamaan lainnya, menfasilitasi penyelenggaraan Ibadah Haji Masyarakat Sultra, Pendidikan Agama dan Keagamaan di semua jenjang, Penelitian dan Pengembangan serta Kediklatan, Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama, serta Penguatan Tata Kelola Manajemen dan Organisasi Sesuai Dengan Agenda Reformasi Birokrasi.

Gubernur Ali Mazi menambahkan, “dalam pandangan saya, selaku Pimpinan Daerah Sulawesi Tenggara, bahwa secara faktual pelaksanaan peran dan fungsi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut, telah berimplikasi positif pada kelancaran roda pemerintahan dan proses pembangunan di daerah ini.”

“Terhadap peran-peran strategis tersebut, saya atas nama Pemerintah Provinsi menyampaikan terima kasih kepada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah dan mitra komponen pembangunan daerah lainnya, sembari berharap Kanwil Kementerian Agama Sultra dapat terus eksis melaksanakan peran-peran penting dalam pembangunan daerah sultra khususnya, dan bangsa sesuai dengan tugas dan fungsinya, dalam rangka mewujudukan visi Kementerian Agama, menjadikan masyarakat sultra yang saleh, cerdas dan unggul,” kata Gubernur Ali Mazi.

Sejak awal, Pemerintahan Sultra telah berkomitmen untuk selalu bersama dan bersinergi dengan Penyelenggaran Negara dan komponen pemerintahan serta segenap elemen bangsa, diantaranya adalah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra.

“Saya selaku Gubernur Sultra, memiliki cita-cita dan visi mulia, yakni mewujudkan Sulawesi Tenggara yang Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat; dan Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan/Kepulauan atau “Garbarata” sebagai strategi pendekatan yang digunakan untuk percepatan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur Ali Mazi.

Saat ini, Pemerintah Provinsi sedang giat-giatnya menjalankan Program Pembangunan Daerah dan juga sedang bersiap melaksanakan agenda yang bersifat Nasional, yakni menjadi Tuan Rumah Penyelenggara MTQ Korpri ke-V Tingkat Nasional, yang pelaksanaannya akan dimulai pada tanggal 12 November hingga 20 November 2021 mendatang. Penyelenggaraan Even Nasional tersebut, diharapkan membawa berkah bagi daerah Sulawesi Tenggara.

Sebelum mengakhiri sambutannya, secara khusus Gubernur Ali Mazi menitip harapan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra bersama jajarannya, agar kiranya memaksimalkan peran Kanwil Kementerian Agama dalam menyukseskan program pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se sultra, termasuk menyukseskan Kegiatan MTQ Korpri ke-V Tingkat Nasional tersebut, dan agenda-agenda pembangunan lainnya dalam rangka mempercepat peningkatan pembangunan umat dan masyarakat sebagaimana yang kita harapkan bersama.

Sementara itu, terkait dengan pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir, Gubernur Ali Mazi juga berharap kepada Kepala Kantor Wilayah Kementeria Agama Sultra kiranya dapat mendorong jajarannya untuk ikut mengedukasi dan menjadi motivator bagi masyarakat yang belum divaksin, agar segera mengikuti Program Vaksinasi Covid-19, demi keselamatan dan kebaikan bersama. (hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img