Gubernur Ali Mazi Membuka Raker Dewan Pengurus KORPRI Prov. Sultra

KENDARI,WAJAHSULTRA,COM–Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., memberikan sambutan pada acara Rapat Kerja Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Sulawesi Tenggara Masa Bakti 2021 – 2026, sekaligus Sosialisasi Layanan Ketaspenan dan Layanan Perbankan Bagi PNS, Yang Akan Memasuki Usia Pensiun di Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, berlangsung di Kendari 2 Juni 2022.

Mendampingi gubernur, antara lain Pj. Sekretaris Daerah Sultra Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH., Asisten I (Pemerintahan dan Kesra) Sekretaris Daerah Sultra Muh. Ilyas Abibu, SE., MDM., Asisten III sekaligus Ketua Dewan Pengurus KORPRI Prov. Sultra Dr. Ir. Sukamto Toding, M.Sp., MA., Kepala Dinas Perhubungan Prov. Sultra Muhamad Rajulan, ST., M.Si., dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Prov. Sultra Dra. Hj. Isma, M.Si.

Turut hadir Kepala Biro Administrasi Perekonomian Setda Prov. Sultra Hj. Usnia, A.Md., Keb., SKM., Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Prov. Sultra Iwan Susanto, SE., M.Si., Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. H. Beangga Hariato, SIP., M.Si., M.Pd., dan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Prov. Sultra La Ode Muh. Rusdin Jaya, S.Ip., M.Si.

Hadir juga Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. Sultra Dr. Ir. Ismail Lawasa, MT., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sultra Nur Salah, S.Pd., MM.Pub., Direktur RS. Jiwa Prov. Sultra dr. H. Abdul Razak, S.Ked, M.Kes., BPT. Bank Mandiri Taspen Prov. Sultra, dan PT. Taspen Cabang Kendari Prov. Sultra.

“Saya selaku Pimpinan Daerah Sulawesi Tenggara, menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya acara Rapat Kerja Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Sulawesi Tenggara pada kesempatan ini, terlebih dengan hadirnya Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH. Saya percaya hal ini menambah energi positif yang insyaa allah dapat mendorong motivasi dan semangat jajaran Pengurus KORPRI untuk menjadikan kegiatan ini sebagai sarana memperkuat keberadaan Organisasi KORPRI Sulawesi Tenggara, yang lebih responsif dan adaftif dalam menindaklanjuti program kerja Dewan Pengurus KORPRI Nasional,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi berharap semoga melalui rapat kerja ini, para pengurus dapat merumuskan program kerja organisasi, yang bersinergi dengan kebijakan pembangunan nasional dan daerah.

Saat ini Pemerintah Provinsi Sultra terus konsen melaksanakan program pembangunan daerah, demi terwujudnya Sulawesi Tenggara yang Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat, melalui strategi pendekatan “Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan Dan Lautan” atau yang dikenal dengan akronim GARBARATA.

KORPRI Sultra sebagai organisasi ASN perpanjangan tangan Korpri Nasional di daerah ini yang merupakan bagian integral dari pemerintahan daerah, haruslah mengambil peran dalam merespon kebijakan nasional dan daerah, antara lain :

Peningkatan kualitas sumber daya manusia,Pembangunan ekonomi melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai aspek,Revitalisasi pemerintahan daerah melalui tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.

KORPRI Sultra juga harus dapat menjadi pusat pembaharuan serta sebagai pusat unggulan bagi ASN selaku salah satu lokomotif penggerak pembangunan di Sulawesi Tenggara.

Sehubungan dengan Rapat Kerja Dewan Pengurus KORPRI Sulawesi Tenggara pada kesempatan ini, Gubernur Ali Mazi menyampaikan beberapa masukan, yakni :

Dalam merumuskan program kerja organisasi perlu melibatkan seluruh stakeholder ASN, sehingga harmonisasi dan akselerasi dalam penataan dan pengembangan organisasi tetap

Untuk memajukan organisasi, sudah sewajarnya ada upaya internal pendanaan berupa optimalisasi kemampuan anggota untuk penyediaan dana dalam bentuk iuran anggota yang bertujuan untuk mengoptimalkan jalannya

Dalam rancangan program juga seharusnya sudah merekomendasikan kebutuhan bagi kesejahteraan asn termasuk didalamnya kesehatan dan kebutuhan

Perlunya peningkatan kualitas ASN dilihat dari aspek penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan mengolah rasa, seni, dan budaya, dan kemampuan bekerja nyata. Ketiga unsur tersebut, harus dimiliki oleh ASN agar dapat mengembangkan perannya sebagai penggerak organisasi pemerintahan.

“Saya juga mengapresiasi terlaksananya kegiatan Sosialisasi Layanan Ketaspenan dan Layanan Perbankan Bagi PNS yang akan memasuki usia pensiun. Tentu kegiatan dimaksud, diharapkan dapat membantu para PNS yang akan memasuki purna bakti dalam memperoleh hak-haknya kelak,” kata Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi mengajak kepada dewan Pengurus KORPRI di Sultra, agar secara sungguh-sungguh menjadikan KORPRI sebagai wadah penampung aspirasi serta mempersatukan segenap ASN di Sultra, dalam mengemban tugas pokoknya sebagai abdi negara, abdi pemerintah dan abdi masyarakat, sekaligus menjadi wadah untuk meningkatkan Independensi dan Netralitas Aparatur, Meningkatkan Kompetensi dan Produktivitas Kerja, Meningkatkan Integritas dan Kesejahteraan Aparatur, serta Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik,  Pengawasan dan Akuntabilitas, sehingga menjadikan ASN sebagai garda terdepan dalam penyelenggaraan reformasi birokrasi di Sulawesi Tenggara.

“Akhirnya, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, seraya memohon Ridho Allah Subhanahu Wata’ala, Rapat Kerja Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sulawesi Tenggara Masa Bakti 2021-2026, dan Sosialisasi Layanan Ketaspenan dan Layanan Perbankan Bagi PNS yang Akan Memasuki Usia Pensiun, saya nyatakan secara resmi dibuka,” tutup Gubernur Ali Mazi. (ilham/hen)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img