Gubernur Ali Mazi Kukuhkan Pimpinan BAZNAS Provinsi Sultra 2022-2027

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., Kukuhkan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)  Provinsi Sulawesi Tenggara Periode 2022-2027, di Kendari 20 Juni 2022.

Hadir pula Ketua BAZNAS Nasional Prof. Dr. KH. Noor Ahmad, MA., Perwakilan Forkopimda antara lain; Kapolda, Komandan Korem, dan Kejaksaan Tinggi.

Perwakilan Dan Lan AU HLO. Perwakilan Dan Lan AL Kendari, Perwakilan Pengadilan Tinggi Sultra, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra H. Zainal Mustamin, Kepala Biro Kesra Pemprov. Sultra Yusmin, dan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Secara umum lahirnya Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat sangat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan zakat. Untuk itu keberadaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai lembaga pemerintah nonstruktural merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan oleh masyarakat Umat Islam, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita.

Bagi kita Di Sulawesi Tenggara, implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 telah terlaksana dengan terbentuknya BAZNAS Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun 2016, dan ditetapkannya pimpinan BAZNAS Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor 712 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Pimpinan BAZNAS Provinsi Sulawesi Tenggara Periode 2016 – 2021.

Gubernur dalam sambutannya menilai selama kurun waktu 5 tahun lebih, berbagai hal telah dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Sulawesi Tenggara dalam bentuk penguatan kelembagaan, penguatan kemitraan dan penguatan eksistensi kelembagaan melalui kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Alhamdulillah, kita bersukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala, hari ini kita dapat melaksanakan Pengukuhan Pimpinan BAZNAS Provinsi Sulawesi Tenggara Periode 2022-2027,” ujar Gubernur.

Untuk itu, lanjutnya, secara pribadi dan nama pemerintah provinsi ia menyampaikan selamat atas pengukuhan saudara-saudara sekalian, yang baru saja dikukuhkan sebagai Pimpinan BAZNAS Provinsi Sulawesi Tenggara. Saya berharap kepada saudara-saudara sekalian untuk melanjutkan hal-hal baik yang telah diletakkan dan dirintis oleh pimpinan BAZNAS yang lama dengan terus berikhtiar untuk melakukan inovasi pengeloaan zakat, infak dan sedekah ke arah yang lebih baik serta mampu bersinergi dengan pemerintah provinsi melalui Program Sultra Beriman dan Program Sultra Peduli sebagai Program Prioritas Pemerintah Provinsi Sulaewsi Tenggara.

Selain itu, lanjut dia, BAZNAS Sultra juga dituntut untuk mampu membangun komunikasi dan kemitraan yang baik dengan Kanwil Kementerian Agama serta pihak-pihak terkait lainnya untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat dan daerah Sulawesi Tenggara.

Gubernur Ali Mazi.memahami permasalahan yang dihadapi BAZNAS Sultra, khususnya di masa Pandemi Covid-19 yang mengurangi kemampuan ekonomi masyarakat secara nasional dan berimplikasi terhadap penerimaan dana zakat, infak dan sedekah. Disinilah peran BAZNAS dibutuhkan untuk mendorong dan memotivasi kesadaran nurani umat Islam untuk tetap istiqamah menunaikan zakat, infak dan sedekah dalam keadaan sempit maupun lapang melalui gerakan masyarakat cinta zakat.

Hal penting dan utama yang harus selalu dijaga oleh Pimpinan BAZNAS Provinsi Sulawesi Tenggara adalah bagaimana membangun dan mewujudkan kepercayaan masyarakat dan para muzakki. Tidaklah mudah untuk meraih kepercayaan masyarakat dan umat dalam pengelolaan zakat, namun saya yakin dan percaya bahwa pimpinan BAZNAS yang baru adalah orang-orang pilihan yang amanah serta tidak diragukan peran dan kiprahnya di tengah-tengah masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur Ali Mazi melalui kesempatan ini selaku Pimpinan Daerah Sulawesi Tenggara, tidak lupa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pimpinan BAZNAS Provinsi Sulawesi Tenggara periode sebelumnya atas peran baktinya, turut memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan daerah, khususnya pembangunan bidang keagamaan dan sosial kemasyarakatan. “Semoga segala hal yang telah dilakukan dalam menunaikan tugas-tugasnya selaku Pimpinan BAZNAS Sultra, menjadi catatan amal kebaikan yang Insyaa Allah mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu Wata’ala,” kata Gubernur Ali Mazi. (adv)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img