Gubernur Ali Mazi Sholat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Al Kautsar

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., memberikan sambutan pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1443 Hijriyah di Masid Agung Al Kautsar, di Kendari 10 Juli 2022.

Hadir pula Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio, dan para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Tenggara bersama para Pimpinan Lembaga/Ormas Islam se-Sulawesi Tenggara.

Pada hari yang mulia ini, kita sebagai umat Islam diingatkan kembali pada sebuah peristiwa sakral dan agung yang menunjukkan betapa besarnya ketaatan, keteguhan iman, dan kecintaan Nabi Ibrahim Alaihi Salam dan putranya Ismail kepada Allah Subhanahu Wata’ala. “Hal tersebut dibuktikan dengan kisah yang diabadikan dalam Al-Qur’an tentang Keikhlasan dan Kesabaran Nabi Ibrahim Alaih Salam saat menerima perintah Allah Subhanahu Wata’ala melalui mimpi untuk mengurbankan putranya Ismail yang sangat disayanginya. Peristiwa tersebut menjadi awal mula diperintahkannya Syari’at ibadah kurban bagi umat Islam,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Hari ini kita bersama-sama merayakan Idul Adha dengan mengumandangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid, sembari menunaikan shalat Ied, serta ibadah qurban selama hari Tasyrik dengan penuh keikhlasan. Momentum perayaan Idul Adha ini seyogianya dapat dijadikan sarana penguatan implementasi nilai-nilai keteladanan Nabi Ibrahim dan putranya Ismail untuk melepaskan segala sikap ego yang ada dalam diri kita masing-masing dan senantiasa menebarkan sikap kasih sayang kepada sesama melalui ibadah kurban.

Pada kesempatan dan suasana perayaan Hari Raya Qurban ini, Gubernur Ali Mazi atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, dan selaku pribadi beserta keluarga, menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah Tahun 1443 Hijriyah / 2022 Masehi, kepada segenap umat Islam dan masyarakat Sulawesi Tenggara, seraya mengajak kepada kita sekalian untuk memanjatkan doa bagi saudara-saudari kita yang saat ini sedang menunaikan Ibadah Haji di tanah suci.

“Saya berharap perayaan Idul Adha dapat mendorong peningkatan Pengamalan Nilai-Nilai Ajaran Agama, serta menggugah kesadaran kolektif, membangkitkan gerakan untuk berkorban dalam memperkuat solidaritas, persaudaraan dan kebersamaan serta meningkatkan kecintaan dan kebanggaan kita menjadi warga masyarakat Sulawesi Tenggara, demi bersama mewujudkan kesejahteraan umat dan masyarakat serta daerah Sulawesi Tenggara yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Suasana Solat Idul Adha

Sebelum menunaikan salat, Gubernur Ali Mazi juga menyampaikan sambutan dari atas mimbar Masjid Raya Al Kautsar. Gubernur Ali Mazi memberikan beberapa pesan Hari Raya Idul Adha 2022 sekaligus mendoakan jamaah haji Indonesia, utamanya dari Sulawesi Tenggara, yang tengah menunaikan ibadah haji 2022 di Arab Saudi.

“Saya berharap perayaan Idul Adha dapat mendorong meningkatkan nilai-nilai ajaran agama dan menumbuhkan kesadaran untuk berkorban dalam solidaritas dan kebersaamaan,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Pada momentum perayaan Idul Adha 2022 tersebut, Gubernur Ali Mazi juga mengajak masyarakat untuk mendoakan jamaah haji Indonesia utamanya dari Sulawesi Tenggara yang tengah menunaikan ibadah haji. “Saya mengajak kita semua untuk bermunajat bagi saudara kita yang sedang menunaikan ibadan haji. Semoga mereka diberi kesehatan dan kemudahan sehingga bisa menjadi haji mabrur.”

Gubernur Ali Mazi atas nama Pemerintah Provinsi atau Pemprov Sultra, pribadi, maupun keluarga, juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 2022 kepada seluruh umat Islam di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Usai pelaksanaan salat Idul Adha 2022, Gubernur Ali Mazi juga menyempatkan menyalami satu per satu jamaah yang mendatanginya. Sebelumnya, ribuan umat Muslim mengikuti rangkaian salat Idul Adha 2022 di Masjid Raya Al Kautsar Kendari tersebut. Salat Ied diimami Ketua Majelis Ulama Indonesia Sultra KH Mursyidin. Sedangkan, khatib salat Idul Adha 2022 di Masjid Raya Al-Kautsar tersebut KH Djakri Nappu.

Hujan yang mengguyur Kota Kendari sejak pukul 06.15 WITA tidak menyurutkan masyarakat untuk menunaikan salat Idul Adha tahun ini. Jamaah memadati bagian dalam masjid hingga ke lantai dua termasuk aula. Begitupun sebagian pelataran masjid meski lantai masih basah akibat guyuran hujan deras tersebut.

Pj. Sekda Pemprov Sultra Asrun Lio menyebutkan total hewan qurban yang disiapkan pada tahun ini sebanyak 65 ekor Sapi. “Adapun total hewan qurban tersebut, telah tersalurkan pada masing-masing daerah di Sultra termasuk beberapa titik tambahan lainnya, sehingga dipastikan telah siap disembelih pada hari Idul Adha 1443 Hijriah dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Pj. Sekda Pemprov Sultra Asrun Lio.

Sementara penyaluran hewan qurban Gubernur Sulawesi Tenggara, terus dilakukan dan rutin pada momen Idul Adha, juga sebagai tindak lanjut terhadap apa yang dilakukan oleh Presiden RI, dimana Joko Widodo membagikan hewan qurban pada setiap provinsi di Indonesia, maka Gubernur Sulawesi Tenggara lebih fokus lagi pada setiap kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara. (ilham/hen)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img