8 Santri Pondok Khalilul Quran Ukir Prestasi di MTQ Sultra

KENDARI, WAJAHSULTRA.COM — Sebanyak 8 santri dan santriwati Pondok Tahfidz Khalilul Quran Kolaka berhasil mengukir prestasi pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-28 baru-baru ini. Mereka adalah Alsa (juara  1 Tafsir Bahasa Arab) mewakili Kabupaten Kolaka, Adama Surya (juara 1 hifzil 1 juz) mewaliki Kolaka Utara, Azzah (juara 2  hifzil 5 juz) untuk Konawe Utara, Deby (juara 3 tartil) mewakili Bombana, Azmi (juara 3 hifzil 1 juz) Bombana, Kamaria (juara  3 hifzil 20 juz) mewakili Buton  Selatan, Yufita (juara 2 hizfil 20 juz) Kolaka Timur, dan Nisaul (juara 1 syarhil) mewakili Konawe Selatan, dan Husna (juara 2 tafsir Bahasa Inggris) untuk wakil Buton Selatan.

Pimpinan Pondok Tahfiz Khalilul Quran Ustadz Muslim mengucapkan syukur atas prestasi yang diraih para santrinya tersebut. “Alhamdulilah pada MTQ provinsi tahun ini kami mengirim 16 santri dan santriwati yang tersebar di 8 kabupaten yang ada Sultra. Hasilnya dari 16 peserta yang bertanding 8 orang diantaranya menyabet juara 1 dan 2 untuk beberapa kategori cabang yang di perlombakan,” kata Ustadz Muslim melalui rilisnya, kemarin.

Bahkan, kata dia, dari delapan santri yang meraih juara tersebut tiga diantaranya akan diutus bertanding pada ajang MTQ tingkat nasional yang akan digelar di Padang pada November mendatang. “Insya Allah tiga orang akan mewakili Sulawesi Tenggara pada MTQ tingkat nasional,” ucapnya.

Ia mengatakan, kehadiran pondok Tahfidz Khailul Quran merupakan motivasi dirinya yang berprofesi sebagai penghafal atau tahfidz Quran, untuk bisa membangun sebuah pondok tahfidz agar bisa berbagi ilmu. “Alhamdulilah sudah berjalan tiga tahun saya merintis penuh dengan suka duka dan hari ini santri kami berjumlah sekitar 200 orang dari berbagai daerah yang ada di wilayah Sultra termasuk yang ada di wilayah Sulsel dan Kalimantan,” ujarnya.

Ustad Muslim juga bersyukur meski hanya memiliki pondok sederhana, akan tetapi para santrinya selalu termotiviasi untuk berprestasi. Bahkan salah satu santrinya mampu membuktikan diri sebagai yang terbaik setelah berhasi juara 1 di tingkat nasional. “Tahun lalu santri kami terakhir meraih juara satu dicabang Tahfizh Quran 10 jus STQ tingkat nasional yang diselenggarakan di Pontianak Kalimantan Barat mewakili Sultra. Ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan kami,” ucapnya.

Untuk diketahui, MTQ tingkat Provinsi Sultra tahun ini digelar secara virtual dan hasil lomba diumumkan pada Jumat (25/9). Kabupaten Kolaka menjadi juara umum setelah memboyong 17 emas, enam perak, dan dua perunggu dengan jumlah nilai 105. (kal/hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img