Raih Elektabilitas Tinggi, Andi Sulolipu: Hasil Survei Jadi Semangat untuk Terus Bekerja

KENDARI, WAJAHSULTRA.COM — Beberapa waktu lalu lembaga survei dari The Haluoleo Institute merilis hasil survei bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota Wakil Wali Kota Kendari di Pemilihan Wali Kota Kendari 2024 mendatang.

Dari sejumlah Bapaslon, termasuk pasangan petahana, THI menempatkan Abdul Razak-Andi Sulolipu sebagai pasangan calon yang perolehan elektabilitas tertinggi.

Begitu juga dilihat dari beberapa poling yang dibuat oleh media online. Setidaknya, nama Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari Andi Sulolipu dan Abdul Rasak, rupanya punya kans besar untuk memenangi perhelatan pesta demokrasi di Pilwali Kota Kendari.

Direktur THI Naslim Sarlito Alimin, jika melihat psikologi pemilih. Pemilih Abdul Rasak dan Andi Sulolipu sangat solid dan tidak bisa berpindah. Sementara untuk Wali Kota Kendari Sulkarnain, perlu ada survey lanjutan pasca tidak menjabat lagi sebagai orang nomor satu di Kota Kendari. “Rasak-Andi Sulolipu punya pemilih loyal. Kalau berkaca dari Pilwali yang lalu, Rasak memperoleh suara 36 persen. Sementara temuan THI 32 persen tingkat keterpilihan Rasak. Artinya hanya sekitar 4 persen yang tidak memilih Rasak,” ungkapnya, Selasa, (12/10).

Naslim Sarlito juga menyampaikan bahwa salah satu indikator masyarakat perkotaan masuk pada kategori pemilih cerdas. Apalagi, Kota Kendari termasuk dalam wilayah ibukota provinsi yang notabenenya tempat pusat pendidikan Sultra.

Disatu sisi, kata dia, jika melihat track record. Baik Rasak maupun Andi Sulolipu, selama pandemi Covid-19, terlihat banyak menurunkan bantuan bahkan keberadaan mereka di DPRD Kota Kendari banyak program dan advokasi yang dilakukan di tengah masyarakat Kota Kendari.

Temuan lain yang dianggap unik oleh Naslim yakni, sejatinya dalam setiap perhelatan politik. Keberadaan incumbent selalu posisi lawan politiknya mengejar ketertinggalan. Namun, beda halnya di Kota Kendari. Posisi incumbent justru terpaut dari Rasak. Termasuk saat dipasangkan, Abdul-Rasak Andi Sulolipu masih memimpin dengan angka 31,4 persen, dibawah Sulkarnain-Siska Karina Imran.

Sementara itu, Andi Sulolipu menyampaikan, hasil survei tersebut akan menjadi penyemangat bagi dirinya dan Abdul Razak. Setidaknya dengan hasil tersebut bukan berarti harus berpuas diri.

Baik dirinya maupun Rasak, akan terus bekerja secara maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Kendari. “Tentu ini adalah penyemangat bagi kami untuk terus berbuat untuk masyarakat Kota Kendari,” tutupnya. (p2/c/hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img