Kalahkan Pesaingnya, Elektabilitas Abdul Razak-Andi Sulolipu Tertinggi

KENDARI, WAJAHSULTRA.COM — Lembaga Survei The Haluoleo Institute (THI) merilis hasil temuan dan analisis surveinya untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan diselenggarakan tahun 2024 mendatang.

Lembaga survei tersebut melakukan pengumpulan data pada tanggal 4 sampai 10 Agustus 2021 dengan jumlah responden 440 orang.

Pengambilan sampling dilakukan dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuisioner dengan margin error 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif THI, Naslim Sarlinto Alimin menjelaskan untuk hasil survei Pilwali Kendari 2024, Abdul Razak dipasangkan dengan Andi Sulolipu berada pada posisi teratas dengan persentase elektabilitas mencapai 31,4 persen.

Sementara Sulkarnain Kadir jika berpasangan dengan Siska Karina Imran persentasenya 29,1 persen. “Jika melihat uji simulasi 4 pasangan, terlihat elektabilitas pasangan Abdul Razak dan Andi Sulolipu mengungguli pasangan Sulkarnain Kadir dan Siska Karina Imran,” jelasnya, Rabu, (29/09).

Presentase pasangan Abdul Razak dan Andi Sulolipu tambahnya mencapai angka tertinggi karena dinilai masih memiliki pemilih tetap dan militan di Kota Kendari. “Pak Razak merupakan mantan Ketua DPRD, Calon Wali Kota dan saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPRD Kota, sehingga Pak Razak masih memiliki pemilih yang militan dan memiliki basis yang besar,” paparnya.

Akan tetapi hasil survei tersebut masih bisa berubah, karena pesta demokrasi lima tahunan itu masih lama diselenggarakan. “Kapan saja bisa berubah, karena Pilwali masih lama dilaksanakan,” tutup Naslim Sarlinto. (p2/c/hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img