Disdikbud Konawe Gelar Pawai Kebudayaan dan Penandatanganan Konawe Cinta Damai

KONAWE,WAJAHSULTRA.COM–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe menyelenggarakan pawai budaya dan pentas seni di halaman kantor Bupati Konawe Kamis, 30/12/2021.

Pawai budaya dan pentas seni ini diikuti oleh seluruh kecamatan sekabupaten Konawe. Selain itu diikuti juga masyarakat adat tolaki, ormas tolaki dan seluruh lembaga pakuyuban budaya yang berada di kabupaten Konawe.

Bupati Konawe, Kery Saipul Kongoasa, melalui Sekertaris Daerah, Ferdinand Sapan menjelaskan bahwa pekan budaya yang di adakan hari ini sebagai bentuk sosialisasi kebudayaan kepada masyarakat dan anak-anak agar selalu melestarikan nilai nilai budaya dan tradisi yang ada.

“Menjadi upaya pemerintah dan masyarakat sebagai ekosistem dan garda terdepan dalam memajukan kebudayaan daerah dan nasional,” katanya pada sambutan pekan budaya.

Oleh karena itu pihaknya berharap melalui pekan kebudayaan Konawe  ini dapat mampu memotivasi para pakar budayawan, pemerhati dan organisasi kemasyarakatan budaya agar selalu mengembangkan kreasi dan inovasi sekaligus mengaktualisasikan  diri melalui aktivitas dan kreatif seni dan budaya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan budaya sebagai marwah dari setiap prilaku dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.

Selain itu Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan,  Suriyadi mengatakan bahwa kegiatan hari ini sebagai bentuk pelestarian budaya, serta sebagai pengajaran kepada anak anak kita terkait budaya.

Pihaknya menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini hanya diikuti oleh seluruh masyarakat Konawe, serta organisasi kebudayaan yang ada di kabupaten Konawe.

“Karena masih situasi pandemi, untuk tahun ini baru masyarakat yang mengikuti  pekan kebudayaan ini. Untuk siswa nanti di agendakan tahun depan mereka bisa bergabung,” ujarnya.

Selain pawai dan pentas seni kebudayaan yang dilakukan pada kegiatan kali ini, juga ada pedatanganan budaya deklarasi damai yangyang di tanda tangani oleh, bupati Konawe, Kapolres, Dandim 1417 Kendari, kejaksaan, pengadilan, Ketua DPRD, Sekertaris Daerah, lembaga adat tolaki, fordati,  organisasi prangkat daerah, seluruh camat, lembaga paguyuban kebudayaan se kabupaten Konawe serta masyarakat Konawe. (Hiswan Pagala /c/hen)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img