Rudiyanto Lallo dan Taufan Pawe Lolos ke DPR RI, PPP Gagal Lampaui Parliamentary Threshold 4 Persen

MAKASSAR, WAJAH SULTRA, COM–Rudiyanto Lallo dan Taufan Pawe lolos ke DPR RI karena Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak memenuhi parliamentary threshold 4 persen sehingga dua kader terbaiknya Amir Uskara dan Muhammad Aras gagal melenggang ke Senayan.

Kepastian perubahan komposisi kursi caleg Sulsel ke Senayan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI  mengumumkan hasil Pemilu 2024 di Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam.

Rudiyanto Lallo (NasDem) yang meraih suara  97.523  menggantikan Amir Uskara yang dikeluarkan dan kursi ke 8 dapil Sulsel I.

Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Daerah Makassar itu melenggang ke Senayan.

Kursi PPP di Dapil Sulsel II yang diraih oleh Muhammad Aras, juga  dikeluarkan, dan kursi ke-9 direbut Partai Golkar diisi oleh Taufan Pawe yang meraih suara 57.955.

Dengan begitu, Partai Nasdem mengunci dua kursi DPR RI dari Dapil Sulsel I meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar.

Sementara Partai Golkar meloloskan dua Wakil dari Dapil Sulsel II, Nurdin Halid dan Taufan Pawe.

Mendebarkan

Suasana mendebarkan bagi pengurus PPP karena sore hingga menjelang pengumuman hasil pemilu partai berlambang Kakbah itu belum mencapai ambang batas PT 4 persen.

Dari 36 Provinsi, PPP baru mencapai 3,84 persen atau 5.761.181 suara dari total 82 dapil.

Sesuai dengan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, partai yang tidak mencapai 4 persen suara sah nasional, tidak dapat meraih kursi DPR RI.

Namun, saat itu  masih ada dua provinsi yang belum selesai melakukan perhitungan nasional, yakni Papua Pegunungan dan Papua.

Ada 727.835 pemilih yang terdaftar di Papua, sementara di Papua Pegunungan sebanyak 1.306.414 pemilih.

PPP sulit meraih suara di Papua karena bukan basis PPP karena kekurangan sebanyak 57 ribu suara untuk mencapai PT 4 persen.

Setelah semua suara masuk akhirnya Partai Persatuan Pembangunan gagal lolos ke DPR untuk pertama kalinya karena belum mampu melampaui ambang bata 4 persen pada Pileg DPR RI 2024.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat nasional yang dilakukan KPU RI terhadap perolehan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah luar negeri pada Rabu (20/3/2024) malam.

Dari hasil itu, PPP mendapatkan 5.878.777 suara dari total 84 daerah pemilihan (dapil).

Dibandingkan dengan jumlah suara sah Pileg DPR RI 2024 di yang mencapai 151.796.630 suara, PPP hanya meraup 3,87 persen suara. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img