Pj Wali Kota Kendari Sampaikan Capaian Kinerja ke Mendagri, Evaluator Itjen Kemendagri beri Apreasiasi

JAKARTA,WAJAH SULTRA,COM–Pejabat Wali Kota Kendari didampingi sejumlah pejabat Pemerintah Kota Kendari menyambangi Kantor Inspektorat Kementerian Dalam Negeri, Rabu (17/5/2023). Kunjungan ini dilakukan untuk menyampaikan laporan Capaian Kinerja Triwulan II Pj Wali Kota Kendari.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, laporan rutin ini disampaikan pada evaluator yang meliputi semua capaian kinerjanya selama 3 bulan terakhir.

“Evaluator tadi memberikan apresiasi atas kinerja yang sudah dilakukan penjabat wali kota yang mana ditunjukkan dengan data dan angka serta fakta di lapangan,” ungkapnya, usai menyampaikan pesentase.

Menurutnya, masih ada pekerjaan rumah yang akan dia tuntaskan di antaranya mengembalikan kondisi TPA Puwatu seperti 10 tahun lalu,

sehingga menjadi referensi bagi daerah lain. Semangat itu semakin besar, setelah UPTD TPA Puuwatu terbentuk.

Sebelumnya, dalam laporannya periode Januari hingga April 2023, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan beberapa capaian yang telah dia lakukan, seperti penurunan persentase angka kemiskinan sehingga saat ini persentasenya sebesar 4,57 % atau tersisa warga miskin sebanyak 18.720 jiwa.

Untuk urusan kesehatan, anggaran yang disiapkan pemerintah Kota Kendari dalam APBD sebesar 23, 85 persen atau melebihi mandatory spending sebesar 10 persen. Hal serupa juga terjadi pada sektor pendidikan dengan alokasi anggaran sebesar 22,41 persen, atau lebih besar dari ketentuan yakni 20 persen. Begitu juga alokasi anggaran untuk infrastruktur, dari ketentuan undang-undang sebesar 40 persen, namun Pemerintah Kota Kendari telah melebihi itu yakni sebesar 69,25 persen. Dan untuk urusan pengawasan sebesar 0,75 persen, namun pemerintah Kota Kendari telah menyediakan anggaran sebesar 0,97 persen.

Dari sisi investasi, Capaian realisasi investasi periode triwulan 1 Tahun 2023 meningkat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu sebesar 122% dengan total investasi sebesar Rp 144 miliar terdiri dari sebanyak 15 Penanaman Modal Asing (PMA) dan 134 Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Diakhir persentasenya Pj Wali Kota Kendari menjelaskan, selama tahun 2023, pemerintah Kota Kendari berhasil menerima sejumlah penghargaan yakni, 1. Penghargaan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik, 2. APBD award, 3. Adipura tingkat kota sedang tahun 2022 dan 4. Penghargaan praktik baik dalam pelaksanaan audit kasus stunting.

Dalam penyampaian laporan itu, Pj Wali Kota Kendari didampingi, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas PUPR. Dalam persentase yang dipandu Inspektur II Itjen Kemendagri Dr Ucok A Damenta, hadir juga Kadis Kominfo, Kepala DPM PTSP, Kadis Dukcapil, Kadis Perumahan, Kadis Dalduk dan KB, perwakilan Inspetorat Kota Kendari dan Kabid Egov Dinas Kominfo. (*)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img