Pj Gubernur Andap Budhi Pembicara Utama Diseminasi dan Lounching Hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap 1 Provinsi Sultra

KENDARI, WAJAH SULTRA. COM–Pj. Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara hadir dalam pembicara utama dalam kegiatan diseminasi dan launching hasil sensus pertanian 2023 (ST2023) Tahap 1 Prov. Sultra yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Sultra diruang pola Kantor Gubernur Sultra, Senin 4  Desember 2023.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Sultra, Forkopimda Sultra, Bupati/Walikota Se-Sultra, Pimpinan Kementerian/Lembaga Lingkup Sultra, Lanal Kendari, Lanud Haluoleo, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Sultra, Kepala BPS Sultra beserta jajarannya dan Pejabat terkait.

Kegiatan diawali dengan pemutaran Video Potensi Pertanian di Sulawesi Tenggara, yang disaksikan secara langsung oleh Pj. Gubernur dan Ketua DPRD Sultra serta Pejabat terkait.

Serta dilanjutkan dengan launching hasil pendataan sensus pertanian 2023 tahap 1 Prov. Sultra yang ditandai dengan penekanan tombol dilayar oleh Pj. Gubernur Sultra didampingi Ketua DPRD Sultra dan BPS Provinsi Sultra.

Sambutan Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti sebagai diseminasi hasil pendataan sensus pertanian tahap I tahun 2023 menyampaikan bahwa pemerintah melalui Bappenas telah menetapkan visi Indonesia emas 2025 yakni negara nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan melalui pencapaian 5  sasaran utama yang ditargetkan akan dicapai tahun 2045. Lima target tersebut akan dicapai melalui 8 misi agenda pembangunan, salah satunya tranformasi ekonomi berbagai sektor pertanian.

Oleh Karna itu, tranformasi ekonomi disektor pertanian melalui peningkatan produktivitas sektor pertanian dan kesejahteraan petani menjadi salah satu kunci untuk mencapai visi Indonesia emas 2045. Terkait hal ini, data hasil ST2023 tentu akan memainkan peran yang sangat penting sebagai kebijakan pemerintah dalam melakukan transformasi pembangunan pertanian nasional.

Adapun hasil ST2023 harapannya dapat dimanfaatkan secara luas oleh berbagai pihak sebagai evidence-based dalam siklus perencanaan pembangunan pertanian.

Sementara itu, Sambutan Pj. Gubernur Sultra sebagai pembicara utama bahwa Pemprov Sultra juga melakukan diseminasi atau penyebarluasan informasi kalau ini

hasil sensus pertanian tahun 2023, kita sebar luaskan bukan itu pertanyaannya pertanyaan sesunguhnya adalah sensus itu berasal dari bahasa latin censere. Data ini penting yang disampaikan oleh Bapak Presiden data saat ini adalah sangat berharga dari minyak untuk apa kebijakan kita, apakah itu membuat kebijakan, efektif atau  efisien sehingga tetap sasaran, semua ini sebagai kunci sukses kalau kita menyimak yang disampaikan Kepala BPS Sultra ada 5 hal terutama Bupati/Walikota atau yang mewakili layani pertain kita lebih baik lagi yaitu pertama Bibitnya,kedua modalnya dari data yang sampaikan kepala BPS Sultra,ketiga sensus pertanian, keempat alat pertanian dan kelima lahan yang tidak diperdayakan

” Pemerintah Provinsi, Kab/Kota se-Sultra berkomitmen untuk hadir ditengah-tengah petani dan terus bergerak untuk meminimalisir dan bahkan meniadakan berbagai kesulitan yang dihadapi karena tujuan akhir pertani bukanlah menumbuhkan tanaman, tetapi menjaga keberlangsungan hidup dan kehidupan.” Ungkapnya

Penyerahan Penghargaan BPS Sultra Award tahun 2023, untuk kategori penghargaan untuk mitra kerja terbaik dalam partisipasi dan kolaborasi pada kegiatan BPS Prov. Sultra tahun ini yaitu pertama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sultra, kedua Dinas Perhubungan Prov. Sultra dan ketiga Dinas Pariwisata Prov. Sultra

Selanjutnya Mitra terbaik dalam satu data Indonesia dan penyediaan Statistik Sektoral di Prov. Sultra tahun 2023 yaitu pertama Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sultra, kedua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Prov. Sultra dan ketiga Dinas Kesehatan Prov. Sultra. Untuk apresiasi dan penghargaan responden yang responsif dan mendukung kegiatan sensus pertanian 2023 (ST2023) Prov. Sultra yaitu pertama Perusahaan Nuri Horti Hidro Kendari, kedua PT. Damai Jaya Lestari

Serta pemberian penghargaan kepada media massa terbaik dalam mendukung kegiatan BPS Prov. Sultra tahun 2023 yaitu Media Cetak Harian Kendari Pos dan kedua Penghargaan Award dan Apresiasi kepada pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Sultra atas partisipasi dalam menyukseskan sensus pertanian 2023 yaitu pertama Pemprov. Sultra dan kedua 17 Pemkab/Pemkot se-Sultra yaitu Kab. Buton, Kab. Muna, Kab. Konawe, Kab. Kolaka, Kab. Konawe Selatan, Kab. Bombana, Kab. Wakatobi, Kab. Kolaka Utara, Kab.Buton Utara, Kab. Konawe Utara, Kab.Kolaka Timur, Kab. Konawe Kepulauan, Kab. Muna Barat, Kab. Buton Tengah, Kab. Buton Selatan, Kota Kendari, Kota Bau-Bau, penyerahan oleh Pj. Gubernur Sultra didampingi Ketua DPRD Sultra dan Kepala BPS Prov. Sultra. (wul/hen)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img