Pemda Harus Giat Bangun Sekolah Negeri Baru

WAJAHSULTRA.COM, Jakarta — Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong pemerintah daerah (Pemda) agar lebih giat membangun sekolah negeri baru sejak diberlakukannya sistem zonasi.
Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti menilai, bahwa penambahan sekolah-sekolah negeri baru di daerah akan berdampak positif dalam pemberlakuan sistem zonasi yang dijalankan sejak 2017. “Pemerintah Daerah harus mulai membangun sekolah negeri baru di wilayah yang kekurangan atau tidak ada sekolah negerinya,” kata Retno, Kamis (2/7).
Retno menyebutkan, beberapa daerah yang saat ini sudah mendirikan sekolah negeri baru. Kota Bekasi misalnya, membangun 7 SMPN baru, Kota Tangerang membangun 9 SMPN, Kalimantan Barat menambah 1 SMAN, Jawa Barat menambah 1 SMAN di Depok dan DKI Jakarta menambah 7 SMKN baru.
“Tahun 2019 pemerintah kota Bogor (Jawa Barat) merencanakan pembangunan sekolah negeri baru di Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal, lalu di tahun berikutnya membangun di Kelurahan Cimahpar Kecamatan Bogor Utara dan di Kecamatan Bogor Timur,” tuturnya.
Selain itu, lanjut Retno, Gubenur Banten Wahidin Halim juga berencana membangun 33 Unit Sekolah Baru (USB) pada 2020. Retno menyamapaikan, Banten mengejar target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.
“Pemprov Banten menargetkan pembangunan sekolah negeri baru (SMA/SMK) di setiap kecamatan agar akses masyarakat untuk sekolah di negeri terjangkau, mengingat PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sekarang sudah memakai sistem zonasi,” pungkasnya. (fin)

spot_img
spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

BERITA TERKINI