Mentan RI Tanam Perdana Jagung di Konawe Utara

WANGGUDU, WAJAH SULTRA, COM– Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr Ir H Andi Amran Sulaiman MP, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (10/1/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka mendorong peningkatan produksi sektor Pertanian di Kabupaten Konawe Utara.

Pada kunjungannya, Menteri Pertanian melakukan Penanaman Perdana Komoditas jagung di Desa Anggolohipo, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara. Penanaman perdana ini dilakukan bersama dengan Bupati Konawe Utara, Ruksamin, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Konawe Utara.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian menyampaikan bahwa Kabupaten Konawe Utara memiliki potensi yang besar untuk pengembangan sektor pertanian, khususnya komoditas jagung. Hal ini didukung oleh kondisi lahan yang subur dan iklim yang cocok untuk budidaya jagung.

“Kabupaten Konawe Utara memiliki lahan seluas 70.000 hektare yang berpotensi untuk ditanami jagung. Dengan potensi lahan yang besar tersebut, kita menargetkan produksi jagung di Kabupaten Konawe Utara mencapai 100.000 ton per tahun,” kata Menteri Pertanian.

Untuk mendukung peningkatan produksi jagung di Kabupaten Konawe Utara, Kementerian Pertanian akan memberikan bantuan benih jagung, pupuk, dan alat mesin pertanian. Selain itu, Kementerian Pertanian juga akan memberikan pelatihan kepada petani untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam budidaya jagung.

“Kami akan memberikan bantuan benih jagung sebanyak 1.000 ton, pupuk sebanyak 2.000 ton, dan alat mesin pertanian sebanyak 100 unit. Selain itu, kami juga akan memberikan pelatihan kepada petani tentang budidaya jagung yang baik dan benar,” kata Menteri Pertanian.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin, menyambut baik kunjungan Menteri Pertanian ke Kabupaten Konawe Utara. Ia berharap dengan kunjungan tersebut, dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Konawe Utara dengan Kementerian Pertanian dalam mendorong peningkatan produksi sektor pertanian.

“Kami sangat menyambut baik kunjungan Menteri Pertanian ke Kabupaten Konawe Utara. Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan dari Pemerintah Pusat terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Konawe Utara,” kata Bupati Konawe Utara.

Dengan dukungan dari Pemerintah Pusat, diharapkan sektor pertanian di Kabupaten Konawe Utara dapat berkembang pesat dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani. (Akb)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img