Mendag ke Bombana, Resmikan Dermaga Bongkar Muat Gula Mentah dan Gudang

KENDARi,WAJAHSULTRA.COM–Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (4 April 2022). Kunker kali ini dalam rangka peresmian Dermaga Unloading System Raw Sugar and Warehouse (sistem bongkar muat gula mentah dan gudang) milik PT. Dua Samudera Perkasa.

Perusahaan ini merupakan anak perusahan dari Jhonlin Group, milik pengusaha ternama Andi Syamsuddin Arsyad atau yang akrab disapa Haji Isam.

Dermaga ini menjadi infrastruktur pendukung dari pabrik gula milik PT. Prima Alam Gemilang (PT PAG), yang juga anak perusahan dari Jhonlin Group. Pabrik gula itu sendiri diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2020 silam.

Gubernur Sultra Ali Mazi hadir mendampingi menteri perdagangan dalam peresmian itu bersama dengan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh. Sejumlah kepala OPD lingkup pemerintah provinsi turut hadir antara lain Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan Sitti Saleha, Kadis Kelautan dan Perikanan La Ode Kardini, Kadis Perhubungan Muhammad Rajulan, dan Plt. Kadis Kehutanan Sahid.

Selain Chairman Jhonlin Group Haji Isam, juga tampak hadir CEO Jhonlin Group Ghimoyo beserta jajaran direksinya, dan inisiator pengembangan industri gula di Kawasan Timur Indonesia Andi Amran Sulaiman (mantan Menteri Pertanian Periode 2014 – 2019).

Jajaran komisaris dan direksi dari kontraktor pembangunan dermaga, yakni PT. Wijaya Karya Rekayasa Konstruksi, serta direktur utama induk perusahaannya, Wika Group.

Sementara dari jajaran Pemerintah Kabupaten Bombana, hadir Bupati Bombana Tafdil dan Wakil Bupati Johan Salim bererta sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Bombana.

Gubernur Sultra saat memberikan sambutan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Jhonlin Group yang telah berinvestasi di Sultra. Peresmian dermaga ini menjadi berita gembira dan membahagiakan untuk masyarakat Sultra yang telah memiliki kegiatan di bidang pangan, mulai dari hulu sampai hilir.

“Kami yakin, keberadaan terminal umum ini akan menjadi salah satu ikon dan tercatat dalam sejarah pembangunan ekonomi di Sultra. Kami berharap, kiranya Jhonlin Group dapat terus meningkatkan investasinya di Sultra,” kata Gubernur.

Dengan peresmian dermaga ini, Sultra siap menjadi pusat ketahanan pangan nasional, khususnya gula. (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img