Ketua PWI Pusat Kukuhkan Pengurus PWI Sultra Periode 2021 – 2026

KENDRAI,WAJAHSULTRA.COM–Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari mengukuhkan secara resmi Pengurus PWI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Selain itu, dalam kegiatan ini juga diadakan pengukuhan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Periode 2021-2026 oleh Ketua IKWI Pusat Indah Kirana yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Kota Kendari, Selasa (14/12).

Dalam Kegiatan ini, mengusung tema ‘Kukuhkan soliditas menyongsong Hari Pers Nasional (HPN) 2022’.

Kegiatan Pengukuhan ini Dihadiri dan disaksikan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, Sekda Prov Sultra Hj. Nur Endang Abbas, Sekda Kota Kendari Nahwa Umar, Ketua DPRD Sultra Abdurahman Saleh, Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, Bupati Konawe Utara Ruksamin, dan Forkopimda Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan bahwa PWI Sultra untuk maju dan berkarya untuk kemajuan Sultra dan Bangsa Indonesia.

“PWI Sultra kedepan dapat terus eksis dan para anggotanya dapat terus melahirkan karya-karya insan pers yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan daerah Sultra khususnya, serta untuk kemajuan bangsa Indonesia secara umum,”ujarnya.

Lanjutnya, PWI Sultra kini tak lagi dalam paradigma hegemoni wartawan senior atau wartawan tua, PWI Sultra telah bertransformasi menjadi wadah organisasi wartawan milenial.

“Lahirnya UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers telah mendorong terwujudnya penghormatan, penghargaan dan perhatian yang lebih baik terhadap prinsip-prinsip kebebasan pers yang berlaku secara universal,” bebernya.

Sambungnya, kemerdekaan Pers diakui sebagai kendaraan yang memastikan hubungan antara kebebasan berekspresi dan demokrasi, serta keadilan dan kebenaran untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa

“Akhirnya saya sekali lagi mengucapkan selamat dan sukses atas pengukuhan saudara Sarjono alias Kopral Jono sebagai Ketua PWI Provinsi Sultra untuk periode keduanya, bersama jajaran pengurus Daerah PWI Sultra Periode 2021-2026,”

“Semoga saudara-saudari sekalian dapat terus memotivasi diri dan mendorong insan-insan pers di daerah ini untuk meningkatkan perannya sesuai dengan tugas dan fungsi pers, dengan senantiasa menjunjung tinggi kode etik profesi, sehingga dapat lebih berkontribusi positif bagi kemajuan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara kita,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat Etal Sembiring Depari saat diwawancara awak media usai mengukuhkan Pengurus PWI Sultra mengatakan bahwa komposisi pengurus PWI Sultra sudah sangat solid dibawah kepemimpinan Ketua PWI Sultra Sarjono.

“Jadi kalau saya melihat komposisi pengurus, ini semua merupakan kekuatan potensi media berkumpul, saya kira pengurus ini susah sangat solid dan pastinya akan membuat program-program yang bermanfaat buat masyarakat Pers maupun untuk masyarakat di Sultra,”ungkapnya.

Dan harapan saya, agar Pers itu untuk bersahabat dengan Pemerintah, karena sebenarnya kita (Pers) juga ini adalah dituntut untuk juga membangun. Pemberitaan kita itu untuk membangun, Pemerintah juga untuk membangun, oleh karena itu, kita harus ikut mendorong pembangunan daerah.

Lebih lanjut, Atal mengatakan bahwa pasca pengukuhan ini, agar Pengurus PWI Sultra untuk berkonsentrasi untuk menyukseskan Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kota Kendari, Provinsi Sultra.

“Saya minta kepada kepanitiaan HPN untuk benar-benar serius menyelenggarakan ini, karena ini even nasional, dan ini juga seperti yang diharapkan Gubernur Sultra supaya ini benar-benar bisa sukses terselenggara,”harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Sultra Sarjono mengatakan bahwa Pengukuhannya ini merupakan bagian dari proses dalam organisasi PWI.

“Kalau mengenai pelantikan tadi itu, itu adalah tradisi yang lumrah untuk mengukuhkan status kepengurusan kita, setelah melalui proses konferensi PWI untuk memilih Ketua dan pengurus dan itu tadi adalah pengukuhan kepengurusan yang sudah diatur dalam PDRT organisasi,” ucapnya.

Lanjutnya, bahwa momentum pengukuhan pengurus PWI hari ini, cukup berbeda, karena kita tinggal menghitung hari menyambut pesta terakbar Pers Indonesia pada 9 Februari 2022 yakni HPN 2022 akan digelar di Kota Kendari, Provinsi Sultra.

“Saya kira momentum HPN nanti, bukanlah hanya ajang seremonial belaka, tetapi ini juga sebetulnya harus membuka peluang baru atau melanjutkan peluang-peluang yang telah kita bangun tentang potensi daerah, potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh 17 Kabupaten/Kota di Sultra,”tutupnya.(ismar/hen)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img