Kapolri : Polda dan Jajaran Harus Bahu-Membahu dengan Pemerintah untuk Capai Target Vaksinasi 70 % Diakhir 2021

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melaksanakan Teleconference dan peninjauan langsung kegiatan vaksinasi massal di Kabupaten Konawe Selatan tepat di Lapangan Sorumba, Kecamatan Ranomeeto, Rabu (15/12).

Dalam kunjungan ini, Kapolri didampingi oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto, Danrem143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga, dan sejumlah petinggi Mabes Polri dan Polda Sultra.

Dalam kegiatan ini, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan agar Polda dan jajaran untuk bahu-membahu dengan pemerintah untuk pencapaian target vaksinasi sebesar 70 persen diakhir tahun 2021.

“Semua rekan-rekan sudah paham bahwa bapak Presiden Joko Widodo mengharapkan target pencapaian 70 persen di beberapa wilayah yang masih menjadi catatan kita.Dan ini saya harap betul-betul ditingkatkan dan kita akan laksanakan Analisis dan Evaluasi  (Anev) perdua minggu, dan tentunya kita juga ingin tahu kesulitan apa yang dialami oleh rekan-rekan untuk mencapai target yang sudah diberikan oleh bapak Presiden. Dan ini mohon dilaporkan pada saat pelaksanaan Anev sehingga target pencapaian itu betul-betul bisa kita realisasikan,”ungkapnya.

Lanjutnya, untuk itu saya berterima kasih kepada rekan-rekan, mohon untuk dalam sisa waktu yang ada, kita harus tingkatkan karena kita tahu sudah ada varian baru omicron.

Maka mau tidak mau kita harus antisipasi  karena masih banyak yang belum melaksanakan vaksinasi, dan kita tahu juga bahwa varian yang baru ini penularannya lima kali lebih cepat, mau tidak mau rekan-rekan harus membantu melakukan akselerasi vaksinasi dengan masyarakat yang belum melaksanakan vaksin, untuk segera dihimbau untuk melaksanakan vaksin.

“Karena kita tidak tahu, kapan varian itu menyebar disekitar kita, tapi dengan vaksinasi masyarakat kita sudah terlindungi vaksinasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Jadi tolong di push sampai akhir tahun, karena kedepan kita banyak even kegiatan seperti KTT G-20, dimana itu semua bisa berlangsung dengan baik dan salah satu indikatornya sejauhmana kita bisa mengendalikan laju Covid 19, dan harapan kita ditahun depan ini bisa kita cegah,” tandasnya.

Dalam telekonferensi Kapolri juga melaksanakan pengecekan vaksinasi massal yang dilaksanakan di Sultra, dimana Kapolri mengecek Polres Buton, Polres Konsel dan Polres Kolaka.

Sementara itu, Kapolres Buton AKBP Gunarko dalam laporan kepada Kapolri secara teleconference berjanji akan mengejar target vaksinasi di wilayah hukum Polres Buton.

“Saat ini kami berada di baruga adat di Pasarwajo dan hari ini kami melakukan vaksinasi serentak dalam hal ini Kabupaten Buton, dan untuk capaian dosis satu kami masih 33 persen dan dosis II masih sekitar 24 persen,”ujarnya.

Sambungnya, adapun kendala-kendala yang kami hadapi antara lain memang pada awal pelaksanaan vaksinasi sempat masyarakat termakan hoax, saat itu ada kejadian masalah vaksinasi ada yang meninggal, tapi kami pastikan bukan karena vaksinasi tapi karena adanya penyakit kormorbid bawaan, dan kejadian sempat menurunkan antusias masyarakat.

“Tapi saat ini, kami telah melakukan upaya-upaya  dengan melakukan sosialisasi, realisasi, melalui media sosial bahwa vaksin ini sehat dan halal. Dan saat ini target kami untuk mencapai 70 persen, menurut hitung-hitungan kami minimal 4.000 vaksin perhari untuk di Kabupaten Buton, namun demikian sampai akhir tahun 2021 kami akan maksimalkan mencapai 70 persen,”jelasnya.

“Alhamdulillah, untuk jumlah vaksin masih cukup untuk dosis I dan kami juga sudah kedatangan dari vaksinator Mabes yang di BKO kan ke Polda Sultra, dan kami di Polres Buton mendapat alokasi 1 dokter dan 1 perawat yang menambah kemampuan kami untuk mengejar ketertinggalan dalam program vaksinasi saat ini, dan sesuai target dari Kapolda Sultra bahwa setiap 1 Minggu kami harus naik sebesar 6 persen,” terangnya.

Selanjutnya oleh, Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo menyampaikan bahwa Kabupaten Konsel akan terus bergerak untuk mencapai target 70 persen vaksinasi di wilayah dengan berkolaborasi dengan Pemkab Konsel.

“Untuk Kabupaten Konsel dilaksanakan program vaksinasi serentak di 2 wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe Selatan, untuk saat ini kami melaksanakan kegiatan vaksinasi di Kecamatan Basala dan Kecamatan Ranomeeto, dengan target harian sebesar 30 persen dan hari ini kami sudah mencapai 3.200 dosis yang sudah dilaksanakan, dan besok kami terus melaksanakan, karena target kami untuk hari ini dan besok sebanyak 5.000 dosis,” bebernya.

Lebih lanjut, Kapolres Konsel mengatakan adapun capaian sementara untuk Konawe Selatan untuk dosis satu sebesar 46,92 persen dan Dosis II sebesar 32,52 persen.

“Dan kami menargetkan sampai akhir Tahun 2021 untuk mencapai target 70 persen vaksinisasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Kolaka Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa juga menyampaikan bahwa juga akan terus bergerak untuk mencapai target 70 persen di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur dengan melibatkan TNI dan Pemkab.

“Saat ini kami melaksanakan kegiatan vaksin di 2 Kabupaten yakni di alun-alun 19 November Kabupaten Kolaka dan di Lapangan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur,” jelasnya.

Lanjutnya, capaian vaksin hari ini sangat signifikan dan masyarakat sangat antusias ,dan sampai saat ini tercatat kurang lebih 2.800 yang sudah kami vaksinasi dan masih berlangsung.

“Kemudian untuk percepatan akselerasi kami juga dibantu oleh Pemda setempat dengan terobosan-terobosan dimana masing-masing puskesmas juga melaksanakan hal sama, begitu juga dari TNI, dan nantinya hasilnya akan kami kombinasikan untuk kami laporkan,” ujarnya.

Kapolres Kolaka juga menambahkan, bahwa untuk capaian vaksinasi sampai hari kemarin, untuk dosis I sebesar 55 persen untuk Kabupaten Kolaka, dan Kolaka Timur sebesar 48 persen, ini masih kami gabungkan kegiatan yang kami laksanakan dengan harapan ada pencapaian yang signifikan.

“Untuk kendala-kendala, awalnya untuk beberapa bulan yang lalu, kami mengalami kesulitan ketersediaan vaksin, dan ini sudah pernah kami laporkan berkaitan dengan ketersediaan vaksin yang ada, kemudian akselerasi dengan koordinasi dan kerjasama dengan Pemda, Alhamdulillah akhir-akhir ini dua Minggu terakhir kami mendapatkan jumlah vaksin yang signifikan dan ini sudah kami gunakan ke masyarakat sehingga meningkatkan jumlah masyarakat yang tervaksin,” bebernya.

Menurutnya saat ini di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur, masyarakatnya sudah tidak ada ketakutan dan sebagainya, ini juga berkaitan dengan yang selalu kami sampaikan kepada masyarakat, dan kemudian ada beberapa kebijakan-kebijakan dari  Pemda yang mengharapkan kepada masyarakat untuk divaksin dalam rangka mendapatkan pelayanan-pelayanan dari pemerintah.

“Untuk kegiatan di Kolaka Timur berjalan dengan lancar dengan capaian sebanyak 2.800 sesuai target yang telah ditetapkan, dan kemudian untuk Kolaka Timur mendapat bantuan BKO dari Dokkes yang terdiri satu dokter dan satu perawat yang sangat membantu kegiatan kami. Untuk capaian vaksinasi Koltim sampai sekarang berada di 48 persen dan insya Allah diakhir Desember ini dapat mencapai 70 persen,” tutupnya.(ismar/hen).

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img