Gubernur Sultra Hadiri Pembukaan STQ Nasional XXVI di Maluku Utara

KENDARI, WAJAHSULTRA.COM — Ali Mazi, SH, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI tahun 2021 di Sofifi, Maluku Utara, Sabtu (16/10/2021).
Sebelumnya, Jumat malam Ali Mazi menggelar silaturahmi dengan warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Maluku Utara di Kota Ternate, Jumat malam (15/10/2021).

Ali Mazi yang merupakan tokoh pendiri KKST didampingi oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra Basiran. Silaturahmi itu digelar di kediaman Ketua KKST Maluku Utara Muhaimin Syarif.

Sementara Perhelatan STQ Nasional ini rencananya akan berlangsung hingga 25 Oktober 2021.

Turut serta dalam penjemputan itu Kepala Dinas Pariwisata Maluku Utara Tahmid Wahab selaku Ketua Bidang City Tour STQ, sekaligus Ketua Liaison Officer (LO) untuk rombongan kafilah dari Sultra.

Gubernur disambut dengan tarian Soya-Soya, sebuah tarian penjemputan khas Maluku Utara yang sarat dengan makna kepahlawanan. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan ritual Joko Kaha, yang juga tradisi penyambutan tamu kehormatan, misalnya pejabat-pejabat negara.

Di depan pintu keluar kedatangan bandara, rombongan gubernur disuguhi Tarian Bido Sehena atau Pinang Sirih, yang merupakan tarian penyambutan tamu kehormatan.

Kontingen atau kafilah Sultra sendiri telah berangsur tiba di Sofifi, sejak 13 Oktober 2021 lalu. Kepala Bagian Keagamaan dan Tata Usaha Biro Kesra Setda Sultra Musdar mengungkapkan, total anggota kafilah Sultra sesuai dengan dengan Surat Mandat Nomor 451.14/4485 tanggal 11 Oktober 2021 yang ditandatangani Sekretaris Daerah Sultra Nur Endang Abbas atas nama Gubernur, sebanyak 153 orang.

Kafilah terdiri dari unsur pembina, pengarah, pengurus/pelaksana, pelatih, peserta, unsur pemerintah provinsi, unsur kementerian agama, dan unsur pemerintah kabupaten/kota se-Sultra.

Adapun cabang lomba yang diikuti Sultra, yakni tilawah Al Quran, Hifzil Al Quran, Tafsir Al Quran, dan Musabaqah Hadits. Semua cabang ini terdiri dari berbagai jenis kategori perlombaan, baik kelompok putra/putri maupun anak-anak/dewasa.

Kiprah Sultra di ajang STQ Nasional cukup dikenal. Pada STQ Nasional 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat, Sultra berhasil meraih posisi keempat, dengan perolehan dua medali emas, satu perunggu, dan empat juara harapan.

Pada STQ Pontianak, DKI Jakarta keluar sebagai juara umum, disusul Banten dan Sumatera Utara masing-masing sebagai juara kedua dan ketiga. Juara kelima ditempati tuan rumah Kalimantan Barat.

STQ dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan satu kesatuan kegiatan musabaqah, meskipun berbeda dari segi waktu maupun tujuan pelaksanaan. STQ digelar dua tahun sekali pada tahun-tahun ganjil, sedangkan MTQ digelar dua tahun sekali pada tahun-tahun genap.

STQ dilaksanakan untuk memilih juara-juara yang akan bertanding pada ajang MTQ, yang nantinya akan mewakili Indonesia pada MTQ Internasional.

Sementara saat silaturahim dengan KKST Ali Mali mengatakan, Hari ini, saya hadir dalam rangka kegiatan STQ sekaligus bersilaturahmi. Tentu ini suatu hal yang membahagiakan saya. Karena sudah tiga kali saya berkunjung ke sini, baru pada kesempatan ini dapat bersilaturahmi secara langsung dengan warga KKST.

Di daerah perantauan, banyak kerukunan masyarakat Sultra, namun terpisah-pisah. Misalnya, kerukunan khusus untuk masyarakat dari Kendari, Buton, Muna, Kaledupa. Kerukunan yang berdiri sendiri-sendiri ini mengakibatkan warga Sultra terlihat kecil, padahal sesungguhnya besar.

Oleh karena itu, dengan terbentuknya KKST ini, diharapkan menjadi wadah untuk menumbuhkan kesadaran bahwa masyarakat Sultra adalah satu. Hal yang pertama dilakukan adalah menumbuhkan kesadaran untuk bangga sebagai masyarakat Sultra.

“Kita harus berani menyebut diri kita orang dari Sultra. Kalau kebanggaan ini kita bawa, setiap ada event, pasti kita akan diperhitungkan. Kalau kita dianggap kecil, kita semakin hari semakin terbonsai terus,” ujarnya. (hen)

spot_img
spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKINI