Gubernur Sultra Bahas Pengelolaan Bantuan Dana yang Diberikan Presiden RI untuk Pembangunan Aula (Baruga) Kesultanan Buton

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Ali Mazi, pimpin rapat Koordinasi dalam rangka  Pembangunan Aula Keraton Kesultanan Buton yang dilaksanakan di villa Toronipa Kecamatan Konawe, Jumat 6 Januari 2023.

Turun hadir mendampingi Gubernur Sultra, Pj. Sekda Sultra Asrun Lio, Para Asisten Prov Sultra, Para Kepala Balai, Para Kepala OPD Lingkup Sultra serta Para Kepala Biro, Walikota Bau-Bau, Sekda Kota Bau-Bau, Para Asisten Kota Bau-Bau, Para Kepala Dinas Kota Bau-Bau dan Pejabat yang terkait.

Pada rapat tersebut Gubernur Sultra, membahas mengenai Pengelolaan bantuan dana yang diberikan Presiden RI untuk pembangunan Aula (Baruga) Kesultanan Buton dan menyiapkan APBD untuk perbaikan Makam Oputa Yii Koo.

Gubernur mengatakan mudah-mudahan menjadi salah satu ikon Sulawesi Tenggara. Pembangunan ini sudah mempunyai desain Interior dan siap untuk dibangun, sehingga perencanaan pembangunan dan pengawasannya dikawal dengan konsultan.

Oleh karna itu, Gubernur juga meminta agar proses lelang dan pekerjaan proyek sesegera mungkin dapat di finalkan dan bisa dihadirkan Presiden untuk diresmikan.

Kata Gubernur dalam pembangunan Aula Baruga Kesultanan Buton yang terpenting toiletnya dibangun harus banyak.

Pada kesempatan tanya jawab yang dipimpin oleh Pj. Sekda, Ka Balai Lelang menyatakan kesiapan melaksanakan proses lelang yang betul-betul di pekerjakan oleh orang profesional arahan Gubernur siang tadi. Sementara Ka Balai wilayah Makassar idayaan menyampaikan bahwa telah dianggarkan pengembangan Aula (Baruga) pada anggaran APBD 2023, Hal ini tidak terlepas dari negosiasi selama ini dilakukan.

Lanjut Gubernur, kepada Presiden dan Menteri sehingga selama 5 (lima) Tahun ini banyak anggaran pembangunan infrastruktur dan SDM  dan salah satu perbaikannya Aula Baruga yang dialokasikan di Pemerintah Prov. Sultra

Ada beberapa kegiatan yang ditawarkan kepada bapak Presiden pada bulan lalu (Desember 2022) saat kunjungannya ke Kota Baubau dalam rangka  pemberian gelar dari Kesultanan Buton yaitu penghargaan La Ode Joko Widodo. Kunjungan Bapak Presiden tersebut, sehingga melihat aula keraton Buton perlu dibenahi atau direhabilitasi, selain itu, Keraton Kesultanan Buton merupakan cagar budaya yang harus dijaga nilai-nilai kulturalnya. (Sp/hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img