Gubernur Ali Mazi Tunaikan Kewajiban Membayar Zakat Fitrah di BASNAZ

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM--Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., hadir dan membawakan sambutan pada kegiatan Nusantara Cinta Zakat Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, yang bertepatan dengan tanggal 26 Ramadan 1443 Hijriyah, di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara, Kendari 28 April 2021.

Hadir antara lain, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., Anggota MUI Sultra Bidang Perekonomian K.H. Djakri Napu, SE, M.Pd, Plt. Ketua BAZNAS Prov. Sultra H. Andi Muh. Hasby Saing, S.IP., M.Si., dan Jajaran Forkopimda (Perwakilan).

Juga hadir Asisten I (Pemerintahan dan Kesra) Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara Muh. Ilyas Abibu, SE., MDM., Asisten III (Administrasi Umum) Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara Dr. Sukanto Toding, MAP, MA., Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Tenggara Muhammad Yusuf, SE., M.Si., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra Hj. Sitti Saleha, SE, M.Si., dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Prov. Sulawesi Tenggara Sulawesi Tenggara Drs. Muhamad Djudul, M.Si.,

Ikut hadir Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Sulawesi Tenggara Yusmin, S.Pd., Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Pemprov Sulawesi Tenggara Hj. Usna, SKM., dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulawesi Tenggara Abdul Rajab, ST., M.Si.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Sultra La Ode Daerah Hidayat Illaihi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sultra M. Ridwan Badallah, S.Pd., MM.,

Nusantara Cinta Zakat merupakan gerakan ajakan berzakat secara nasional yang diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Kegiatan Nusantara Cinta Zakat diarahkan untuk mendukung program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan kesehjahteraan masyarakat melalui pemberdayaan zakat secara konsumtif dan produktif. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih mengoptimalkan penerimaan zakat, mengingat masih sangat besarnya kesenjangan antara potensi dengan realisasi capaian penerimaan zakat, sebagaimana disampaikan Ketua BAZNAS.

Kegiatan Nusantara Cinta Zakat secara nasional telah dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo pada tanggal 12 April 2022 di Istana Negara Jakarta; dihadiri Wakil Presiden RI, Pejabat Tinggi Negara dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pejabat pemerintah lainnya dan dilanjutkan dengan penunaian Zakat Penghasilan dan Fitrah.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan Nusantara Cinta Zakat di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Saya bersama Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Ketua DPRD, Anggota Forkopimda, Instasni Vertikal, serta para pejabat lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara, dapat bersama-sama menunaikan zakat,” kata Gubernur Ali Mazi, di Kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pada kesempatan ini, perlu disampaikan Gubernur Ali Mazi, bahwa kegiatan pengumpulan zakat telah mendapat dukungan dari KPK RI. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua KPK Komisaris Jenderal Polisi Drs. Firli Bahuri, M.Si., bersama dengan Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., dalam konfrensi pers pada tanggal 06 Mei 2021 di Gedung Kantor KPK, yang ditindaklanjuti oleh Ketua BAZNAS RI melalui Surat Nomor: 642/ANG/BAZNAS/III/2022 perihal Penjelasan Surat Edaran KPK, yaitu antara lain:

KPK mendukung pembayaran zakat ASN sebagai bentuk fasilitas negara dalam pelaksanaan ibadah warga negara;

KPK tidak membatasi pembayaran zakat ASN;

Pembayaran zakat ASN tetap bisa dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Zakat merupakan kewajiban ibadah umat Islam untuk mensucikan diri dan hartanya dari hak-hak orang lain, utamanya hak-hak para mustahik atau mereka yang berhak menerima zakat. “Untuk itu, melalui momentum Nusantara Cinta Zakat, saya mengajak kepada DPRD, Forkopimda, Bupati/Walikota, segenap pejabat dan pimpinan instansi vertikal dan OPD, BUMN/BUMD, serta pengusaha serta segenap masyarakat muslim di Sulawesi Tenggara untuk menunaikan zakat melalui BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang dalam pengelolaan zakat di tanah air,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang telah dibentuk di masing-masing instansi/OPD agar dapat memaksimalkan pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL). Dan bagi instansi yang belum mengoptimalkan, terlebih yang belum melaksanakan kegiatan pengumpulan ZIS, agar segera mengoptimalkan kegiatan pengumpulan ZIS ini di instansi masing-masing sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, serta Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor: 451.12/552 Tahun 2019 tentang Penunaian Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) pada instansi vertikal, Organisasi Perangkat Daerah, BUMN/BUMD, perusahaan swasta, lembaga pendidikan setingkat SMA sederajat dan masjid di lingkungan kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Berzakat Melalui BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima penyerahan zakat dari sejumlah gubernur beserta para jajarannya dalam acara penyerahan zakat yang bertajuk Nusantara Cinta Zakat.

Bersamaan dengan Zakat Istana yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin pada 12 April 2022, Gubernur Ali Mazi turut menyerahkan zakat ke BAZNAS pada Kamis 28 April 2022.

Hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang mengimbau kepada seluruh pejabat negara, seluruh pejabat BUMN, seluruh perusahaan swasta dan seluruh kepala daerah beserta jajarannya untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui BAZNAS.

“Sore hari ini kita berkumpul untuk menunaikan salah satu kewajiban kita sebagai umat Muslim yaitu berzakat,” kata Gubernur Ali Mazi saat melakukan penyerahan zakat yang juga disaksikan oleh Ketua BAZNAS Provinsi Sulawesi Tenggara H. Andi Muh. Hasby Saing, S.IP., M.Si.

Gubernur Ali Mazi juga mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS Sulawesi Tenggara karena telah melakukan banyak hal untuk bisa mentasarufkan zakat yang sudah dikumpulkan oleh para muzaki. “Semoga berkah dan manfaat untuk kita semua,” kata Gubernur Ali Mazi.

Kegiatan ini merupakan rangkaian gerakan nasional bertema Nusantara Cinta Zakat. Tanggal 12 April 2022 lalu dimulai oleh Presiden RI, beliau menyerahkan zakat kepada BAZNAS RI dan mengimbau kepada pejabat negara, baik menteri dan pimpinan daerah, serta BUMN dan swasta untuk menyerahkan zakat kepada BAZNAS RI sehingga dapat dikelola secara profesional dan amanah. (ilham/hen)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img