Gubernur Ali Mazi Serahkan Penghargaan Terbaik I AMPL Award kepada Pemerintah Kota Kendari

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Gubernur  Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., menyerahkan Penghargaan Terbaik I AMPL Award kepada Pemerintah Kota Kendari sebagai Kota yang Berkomitmen dan Berinisiatif Tinggi untuk Mendukung Peningkatan Capaian Akses Air Minum dan Sanitasi serta Lingkungan yang Sehat, di Kota Baubau, Senin 20 Maret 2023.

Mewakili Pj. Walikota Kendari, Kepala BAPPEDA Kota Kendari, Cornelius Padang, menerima Penghargaan Terbaik I AMPL Award (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan), yang diserahkan langsung oleh Gubernur Ali Mazi.

“Semua ini berkat dukungan dan support Walikota Kendari dan rekan-rekan OPD terkait serta kelompok masyarakat pemerhati lingkungan yang tergabung dalam Pokja Sanitasi dan Pokja PKP,” kata Gubernur Ali Mazi.

Berdasarkan data BPS, capaian Akses Air Minum dan Sanitasi Layak Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022 berada di atas rata-rata capaian Nasional, untuk itu Pemeritah Provinsi Sulawesi Tenggara perlu memberi penghargaan kepada kabupaten atau kota yang telah berkinerja baik dalam Pembangunan Air Minum dan Sanitasi, sebagai upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam mendukung percepatan pencapaian target Nasional 100 persen Akses Air Minum Layak dan 90 persen Akses Sanitasi Layak di Tahun 2024.

Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award, merupakan penghargaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah berkinerja baik dalam pencapaian Target Air Minum dan Sanitasi, serta memiliki terobosan dan inovatif yang nyata dan berkelanjutan dalam mendukung percepatan Pembangunan Air Minum dan Sanitasi di wilayahnya.

Penilaian AMPL Award dilaksanakan berdasarkan tiga kriteria:

Besarnya gap akses Air Minum dan Sanitasi layak yang berhasil ditutup dalam dua tahun terakhir;

Besarnya alokasi APBD dalam investasi dan pemeliharaan infrastruktur Air Minum dan Sanitasi;

Inovasi dalam pengelolaan kelembagaan dan regulasi pembangunan Air Minum dan Sanitasi yang berkelanjutan.

Penilaian AMPL Award dilakasanakan dalam dua tahap:

Penilaian terhadap dokumen pendukung pelaksanaan air minum dan penyehatan lingkungan di daerah masing-masing.

Penilaian lapangan untuk dua kabupaten atau kota terbaik .

Hasil penilaian Tim AMPL Award yang dipimpin langsung oleh Kepala BAPPEDA Prov. Sultra memutuskan tiga terbaik :

Terbaik I, Kota kendari

Terbaik II, Kabupaten Kolaka

Terbauk III, Kabupaten Wakatobi. (Ilham/hen)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img