Gubernur Ali Mazi Letakan Batu Pertama Kantor Bupati, DPRD dan Masjid Agung di Mubar

MUBAR,WAJAHSULTRA.COM--Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., didampingi Pj. Bupati Muna Barat Bahri, melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Bupati, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Masjid Agung di Kabupaten Muna Barat, Selasa 26 Juli 2022.

Turut hadir Pj. Bupati Buton Tengah Muhammad Yusup, Staf Khusus Kemendagri Reza Pahlevi, Anggota DPRD Prov. Sultra La Ode Tariala, Wakil Ketua DPRD Muna Barat Uking Djasa, Sekretaris Daerah Muna Barat La Ode Muhammad Husen Tali, dan segenap unsur Pimpinan Forkopimda Muna Barat.

Hadir pula beberapa Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Prov. Sultra antara lain, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Syahruddin Nurdin, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hj. Isma, Plt. Kepala Bapenda La Ode Abdul Hadi, Kepala Dinas Koperasi La Ode Saifudin, Kepala Biro Pembangunan La Ode Muhammad Rusdin Jaya, Kadis PUPR La Ode Muhammad Nurjaya.

Kawasan Bumi Praja Laworoku yang jadi lokasi Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Bupati, Kantor DPRD dan Masjid Agung Kabupaten Muna Barat yang terletak di Kecamatan Sawerigading, merupakan gabungan tiga nama wilayah yang ada di Kabupaten Muna Barat yaitu Lawa, Tiworo dan Kusambi.

Pembangunan Kantor Bupati dan Kantor DPRD Kabupaten Muna Barat ini diharapkan menjadi momentum bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik yang selama ini masih sangat rendah.

Desain Kantor Bupati dan Gedung DPRD Kabupaten Muna Barat ini akan memadukan nilai nilai budaya kearifan lokal dan konsep arsitektur modern yang juga akan menjadi ikon daerah. Desainnya mengawinkan cita rumah adat terhadap prinsip desain modern yang berbentuk panggung sebagai ciri rumah adat Muna dan Tiworo. Desain bangunan tampak mewah dan kokoh sebagai simbol pemerintahan yang bermartabat.

Pj. Bupati Muna Barat Bahri, meminta dengan hormat kesediaan Gubernur Ali Mazi untuk meletakkan batu pertama yang menandakan dimulainya pelaksanaan Pembangunan Kantor  Bupati, Kantor DPRD dan Masjid Agung Kabupaten Muna Barat.

Perkantoran yang Layak

Gubernur Ali Mazi mengatakan bahwa Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Bupati, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Masjid Agung di Kabupaten Muna Barat merupakan salah satu bukti bahwa kemajuan dalam rangka peningkatan pembangunan di Kabupaten Muna Barat.

“Ini merupakan program pemerintah yang harus dilaksanakan untuk kepentingan menajemen pemerintah. Apalagi di usia delapan tahun ini, tentu harus sudah mulai pembangunan perkantoran yang layak untuk pemerintahan yang lebih baik,” jelas Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi juga mengatakan bahwa akan memberikan bantuan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Bupati, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Masjid Agung di Kabupaten Muna Barat, namun disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat Bahri mengatakan, ini merupakan tahapan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Bupati, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Masjid Agung di Kabupaten Muna Barat dimulai tahun 2022 dan akan dilanjutkan pada tahun 2023.

Kata Pj. Bupati Muna Barat Bahri, dana yang digunakan untuk Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Bupati, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Masjid Agung di Kabupaten Muna Barat berasal dari rasionalisasi anggaran kegiatan perjalanan dinas dari Pemerintah Kabupaten Muna Barat.“Kami potong anggaran perjalanan dinas di setiap OPD, menghilangkan uang makan minum, honorium dan semua kita alokasikan untuk pembangunan Perkantoran dan Masjid Agung Muna Barat.”

Desain Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Bupati, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Masjid Agung di Kabupaten Muna Barat merupakan konsep nilai-nilai budaya Muna dan konsep arsitektur modern. (ilham/hen)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img