Gubernur Ali Mazi Buka Temkor pada Penutupan Project NSLIC/NSELRED

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., melakukan Pertemuan Koordinasi dalam Rangka Penutupan Project NSLIC / NSELRED dan Ekspose Produk UMKM di Provinsi Sulawesi Tenggara, di Kota Kendari 22 Juni 2022.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Sulawesi Tenggara, menyambut baik kehadiran pejabat Pemerintah Canada serta Direktur dan Wakil Direktur Project NSLIC / NSELRED di Sulawesi Tenggara, seraya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja sama yang telah dibangun dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur Ali Mazi dalam sambutannya.

Turut hadir pada acara itu, antara lain Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara: Kapolda Sulawesi Tenggara, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, Danrem 143 Halu Oleo.

Juga pejabat Pemerintah Canada Gayle Barnet dan Melisa Go, Direktur Project NSLIC / NSELRED Peter F. Walton dan Wakil Direktur Project NSLIC / NSELRED Ferry Yuniver bersama Tim Project NSLIC / NSELRED di Sulawesi Tenggara.

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio, Kabinda Sulawesi Tenggara, Kepala Bappeda Sultra Johannes Robert Maturbongs, Kepala BNN Provinsi Sultra, Danlanal Kendari, Danlanud Halu Oleo, Walikota Kendari, serta para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Wilayah Sulawesi Tenggara.

Sebagaimana diketahui bahwa Pemerintah Canada sudah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara sekitar 30 tahun yang lalu, dengan cakupan kegiatan antara lain: dukungan terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia tenaga pengajar Universitas Halu Oleo di bidang matematika dan Ilmu Pengetauan Alam atau dikenal dengan EIUDP Project, Proyek Pengembangan Air Bersih atau dikenal dengan Care Canada, serta Kegiatan Dukungan Pemenuhan Kebutuhan Dasar dan Pelayanan Publik atau dikenal dengan Basic Project.

Dukungan pemenuhan kebutuhan dasar akan segera berakhir adalah dukungan terhadap iklim investasi dan pengembangan ekonomi lokal yang dikenal dengan Project NSLIC / NSELRED, keseluruhan proyek ini hampir mencakup semua wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara. Khusus untuk Proyek NSLIC/NSELRED yang saat ini akan berakhir, meliputi 5 (lima) Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, yaitu : Kabupaten Wakotobi, Kabupaten Bombana, Kabupaten Konawe Selatan, Kota Baubau dan Kota Kendari.

Proyek-proyek ini cukup membantu pemerintah daerah dan bersinergi dalam urusan pengembangan ekonomi lokal utamanya dukungan dalam Pengembangan Beberapa Produk Unggulan Daerah di 5 (Lima) Kabupaten/Kota, Penguatan Kapasitas Organisasi Perangkat Daerah Teknis, dan Mendorong Kerja Sama Antar Daerah maupun Kerjasama Daerah dengan Pihak Swasta serta Swasta dengan Swasta.

Kegiatan-kegiatan tersebut sangat mendukung dan sejalan dengan Kebijakan Jangka Menengah Pembangunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2018-2023, yaitu: Mewujudkan Daya Saing Wilayah Melalui Penguatan Ekonomi Lokal dan Peningkatan Investasi, serta Meningkatkan Konektivitas dan Kemitraan antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam rangka peningkatan daya saing daerah melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur dan aspek- aspek sosial ekonomi.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Gubernur Ali Mazi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Canada, khususnya kepada pihak Pelaksana Project NSLIC / NSELRED, yang telah mendukung pemerintah daerah sejak tahun 2017 sampai dengan bulan September 2022. “Tentunya banyak hasil-hasil yang sudah dicapai melalui Project NSLIC / NSELRED, dan saya berharap praktek kerja sama yang sudah dilakukan di 5 (lima) kabupaten/kota ini dapat dilanjutkan oleh 5 (lima) kabupaten/kota yang mendapat pendampingan serta dapat di replikasikan ke kabupaten lain, sehingga dapat memberikan dampak yang besar pada pembangunan ekonomi lokal di Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur Ali Mazi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur Ali Mazi melalui kesempatan ini perlu menyampaikan harapan besar pemerintah daerah dan masyarakat Sulawesi Tenggara, agar kiranya kerja sama dengan Pemerintah Canada yang sudah dijalin sejak lama, tidak akan berakhir dengan berakhirnya pelaksanaan kegiatan Project NSLIC / NESELRED di Provinsi Sulawesi Tenggara, namun dapat terus terjalin melalui program-program yang lain di masa yang akan datang, baik dalam sektor ekonomi, kesehatan maupun pemenuhan pelayanan publik untuk menghadirkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, seraya memohon Ridho Allah Subhanahu Wata’ala, Pertemuan Koordinasi dalam rangka Penutupan Project NSLIC / NSELRED dan Ekspose Produk UMKM di Provinsi Sulawesi Tenggara, saya nyatakan secara resmi dibuka,” ujar Gubernur Ali Mazi. (ilham/hen)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKINI