Gubernur Ali Mazi Beri Sambutan di Malam Resepsi Kenegaraan dan Ramah Tamah

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Kita patut berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang telah memilih dan memakai pakaian adat Dolomani asal Buton, Sulawesi Tenggara. Terima kasih pula karena telah memilih Tari Lumense asal Kabaena, Sulawesi Tenggara untuk ditampilkan pada momen Peringatan HUT ke-77 Kemerdekanan RI di Istana Merdeka.

Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., memberikan sambutan pada Resepsi Kenegaraan dan Ramah Tamah dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Proklamasi  Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, di Kendari 17 Agustus 2022

“Alhamdulillah, hari ini bangsa kita Indonesia telah genap berusia 77 tahun. Pada hari yang berbahagia ini, telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, baik di tingkat pusat dan maupun daerah di seluruh pelosok nusantara,” kata Gubernur Ali Mazi.

Pada Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 di tingkat nasional, yang dilaksanakan di Istana Merdeka, ada hal yang sangat membanggakan bagi kita masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya, karena ini belum pernah terjadi sebelumnya, yakni :

 

Presiden Joko Widodo pada saat menjadi inspektur upacara memakai Pakaian Adat Dolomani (pakaian Sultan Buton). Begitu pula Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan pakaian adat Buton Sulawesi Tenggara;

Tari Lumense asal Kabaena, Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, dipercaya tampil di halaman depan Istana Merdeka, yang diperagakan oleh 100 penari dari 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara, pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77.

“Berkenaan dengan hal tersebut, kita patut berterima kasih yang sebesar-besasrnya kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang telah memilih dan memakai pakaian adat Dolomani asal Sulawesi Tenggara. Kita juga berterima kasih kepada Menteri Sekretaris Negara yang telah memilih Tarian Lumense daerah asal Sulawesi Tenggara untuk ditampilkan pada momen Peringatan HUT ke-77 Kemerdekanan RI di Istana Merdeka,” kata Gubernur Ali Mazi.

Hal tersebut menjadi sebuah catatan sejarah dan pertanda baik bagi Provinsi Sulawesi Tenggara, yang menandakan, bahwa Provinsi Sulawesi Tenggara semakin potensi sumber daya manusia dan sumber daya alamnya, tetapi sumber daya kebudayaannya juga diyakini sebagai modal besar dan strategis untuk mendorong Kebangkitan, Ketangguhan dan Kemajuan bangsa Indonesia, dimasa kini dan masa yang akan datang.

Dengan demikian, sudah sepatutnya “Kita Bangga Menjadi Anak Sultra, Bangga Menjadi Warga Masyarakat Sultra”. Kebanggaan tersebut, harus kita buktikan dengan cara mengisi kemerdekaan yang telah susah payah diraih oleh pejuang kita, melalui karya-karya terbaik di semua sektor pembangunan, guna mendorong terwujudnya kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kita bersyukur, karena hari ini kita telah sukses melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022, dengan suasana yang penuh hikmad, dan juga melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan peringatan hari bersejarah yang penuh nilai patriotisme dan heroisme, dalam suasana suka cita.

“Berkenaan dengan itu, selaku Pimpinan Daerah Sulawesi Tenggara, saya menyampaikan terima kasih, serta apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak, terkhusus kepada Panitia Pelaksana, Petugas Upacara, Anggota Paskibraka, dan TNI/Polri, atas segala bentuk partisipasi dan dukungannya, dalam menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022 ini. Semoga segala upaya yang telah kita lakukan menjadi catatan amal kebaikan dan mendapat balasan pahala, serta diridhoi Allah Subhanahu Wata’ala,” kata Gubernur Ali Mazi mengakhiri sambutannya.

Akhirnya, mari kita mengisi alam kemerdekaan bangsa ini, dengan terus memaksimalkan peran sesuai kapasitas kita masing-masing dalam proses pembangunan, demi bersama mewujudkan Sulawesi Tenggara Maju Masa Depan Indonesia.

Dirgahayu ke -77  Indonesiaku

Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat…

Hadir dalam acara ini, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Jumardin; Perwakilan Kapolda Sulawesi Tenggara, Perwakilan Dandrem Halu Oleo, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, Raimel Jesaja; Pj. Sekretaris Daerah Sultra, Asrun Lio.

Hadir pula Kepala BIN Daerah Sultra, Brigjen TNI Raden Toto Oktavians;  Ketua Pengadilan Tinggi Sultra, HAS. Pudjoharsoyo; Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari Provinsi Sultra, Izzuddin HM; Komandan Pangkalan TNI AL Kendari, Letkol Laut (P) Iwan Iskandar; Komandan Pangkalan TNI AU HLO, Kolonel (Pnb.) Andy F. Piccaulima; Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sultra, Silvester Sili Laba; Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra, Zainal Mustamin; dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sultra, Andi Renald.

Hadir pula para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sultra; para Veteran, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Perempuan.(ilham/hen)

 

 

 

 

 

 

Gubernur Ali Mazi Beri Sambutan di Malam Resepsi Kenegaraan Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img