Eddy Uga, Alumni Unhas, Kini Jadi Sekda Muna

MUNA,WAJAHSULTRA.COM–Karir Eddy Uga, SH. M.Si dalam birokrasi Pemkab Muna sangat cemerlang. Buktinya pria kelahiran Raha, 7 Juli 1966 silam itu, kini telah menjadi Sekertaris Daerah (Sekda) Muna setelah mengalahkan enam orang rivalnya yang ikut bertarung memperebutkan kursi Jenderal ASN Muna yang hampir tiga tahun mengalami kekosongan akibat ditinggal Nurdin Pamone (alm).

Jumat 7 Januari 2022 menjadi hari bersejarah buat suami Rita Sulawati, S.Pd itu. Dihadapan Wakil Bupati, Bachrun Labuta, PJ Sekda Muna, Harmin Ramba, Forkompimda, jajaran Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Lurah serta masyarakat menyaksikan detik-detik kesakralan ayah enam orang anak itu dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Muna LM Rusman Emba untuk menjadi Jenderal ASN Muna. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Muna Nomor : 01 tahun 2022 tentang pengangkatan dan pengambilan sumpah pegawai negeri sipil dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Muna.

Berikut jenjang pendidikan dan karir Sekda Muna Eddy Uga, SH. M.Si yang berhasil dirangkum koran ini.

Eddy Uga kecil lahir di Raha, 7 Juli 1966. Pada tanggal 20 Mei 1980 Eddy menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri 1 Kompleks Karuwisi Panakukang Ujung Pandang. Kemudian 24 Mei 1983 tamat SMP Negeri 4 Tallo Kota Madya Ujung Pandang dan 1 Mei 1996 tamat di SMA Negeri 5 Ujung Pandang.

Setelah tamat SMA, Eddy kemudian masuk ke perguruan tinggi di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum. Pada 17 Desember 1991 Eddy berhasil meraih gelar Sarjana Hukum. Tidak sampai disitu, Eddy terus mengasah ilmu pendidikannya hingga ke S2 dengan mengambil Jurusan Administrasi Pembangunan, Konsentrasi Pemerintahan Daerah di Unhas dan gelar S2 tersebut diraih pada 17 November 2003.

Untuk karir sebagai ASN Pemkab Muna, Eddy menduduki jabatan strategis yakni Kasubag Bantuan Hukum 1994-1995, Kasubag Bantuan Hukum 2001, Kasubag Perangkat dan Kecamatan 2004, Kabid Kesejahteraan dan Kependudukan Hukum 2005, Kabag Umum 2006, Kabag Hukum 2007, Asisten Administrasi Umum Setda 2014 dan 2017, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda 2018 dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang 2018-2022.

Pada koran ini, Eddy Uga berjanji akan menjalankan amanah yang diberikan Bupati Muna LM Rusman Emba ke padanya. “Pertama, soal peningkatan kedisiplinan ASN. Ini menjadi prioritas yang akan kita tingkatkan. Kedua terkait konsolidasi, komunikasi dan koordinasi OPD supaya ada kekompakan. OPD harus bersatu. Ketiga terkait TPP ASN. Ini juga menjadi prioritas dan akan segera dibahas dengan tim TAPD supaya janji kita ini terpenuhi. Insyah Allah 2023 TPP ASN ini tuntas,” pungkasnya. (m1/c/hen)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

spot_img
spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKINI