Dewa Putu Ardika Seputra Terus Gelorakan Empat Pilar Kebangsaan

KENDARI, WAJAHSULTRA — Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra), dr. Dewa Putu Ardika Seputra terus menggelorakan empat pilar kebangsaan.

Kali ini dr. Dewa menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Desa Kondoano, Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sultra.

Diketahui sosialisasi yang digelar itu dalam rangka menanamkan nilai-nilai pancasila kepada masyarakat Sultra, khususnya Konsel. Kemudian sosialisasi yang digelar senator asal Sultra menggandeng Peradah Konsel.

Dewa menjelaskan bahwa pancasila adalah dasar ideologi negara indonesia. Sehingga sosialisasi empat pilar kebangsaan ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai-nilai kebangsaan terhadap anak bangsa. “Untuk itu kita harus merawat kebhinekaan sebagai orientasi dalam kemajemukan agar menjadi spirit bagi generasi bangsa,” jelasnya belum lama ini.

Tidak bisa dipungkiri saat ini jati diri bangsa sudah mulai tergerus akibat kurangnya masyarakat dalam memfilter arus globolisasi. “Sehingga hal ini harus kita respon cepat, agar tidak berdampak buruk bagi bangsa dan negara,” urainya.

Untuk itu tambahnya, empat pilar kebangsaan ini harus terus digelorakan terhadap semua kalangan, mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda. “Setiap masyarakat harus menyampaikan manfaat dari nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan,” bebernya.

Melalui sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, ia berharap kepada masyarakat khususnya Peradah Konsel, agar mengukuhkan dan mengimplementasikan jiwa kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme gerasi penerus bangsa, sehingga semakin mencintai dan membangun bangsa ini. “Pancasila konstitusi negara sebagai dasar negara dan pedoman hidup berbangsa dan berbegara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud keberagaman masyarakat kita, dan NKRI adalah kita semua,” paparnya.

Sehingga apabila seluruh masyarakat mampu memahami dan mengaplikasikan makna yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan, negara akan semakin aman, makmur, dan sentosa. “Masyarakat indonesia terbingkai dalam NKRI dan untuk menjadi seorang nasionalis sejati kita harus mengimplementasikan empat pilar tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya. (p2/d/hen)

spot_img
spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

BERITA TERKINI