Bupati Ruksamin Berharap Inovasi Desa Konut, Bakal Jadi Contoh Pembangunan di Sultra

KONUT, WAJAH SULTRA, COM–Bupati Kabupaten Konawe Utara (Konut) Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN. Eng berharap, terobosan inovasi desa yang ada di Konut akan menjadi contoh pembangunan di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu disampaikan Ruksamin saat launching inovasi desa di Desa Laramo, Kecamatan Lembo, Konawe Utara yang dikembangkan  oleh Badan Riset dan Teknologi (BRIN) berkerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Konut.

Dimana diketahui, Desa Laramo Kecamatan Lembo Kabupaten Konut menjadi desa pertama pengembangan inovasi teknologi yang dikembangkan oleh BRIN sebagai desa percontohan untuk pengembangan wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ruksamin mengatakan, inovasi desa bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat dalam hal pembagunan desa menjadi lebih baik. Seperti pembangunan fisik, infrastruktur, sampai pada kinerja masyarakat.

“Jadi inovasi itu bukan hanya merubah sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Tapi dia bisa mempercepat dari yang lambat, sehingga akses perekonomian menjadi lebih cepat.

Ruksamin membeberkan, bahwa inovasi desa menjadi yang pertama di Sultra. Sehingga diharapkan inovasi desa tidak  berhenti disini, tapi akan melahirkan lagi desa-desa inovasi lain di Sultra.

“Saya belum akan berhenti tahun ini, saya masih akan lanjutkan, masih ada beberapa tahapan. Ini baru dasar, jadi saya anggap tahun 2023 ini baru konsolidasi. Konsolidasi saya bisa kita lihat seperti apa nantinya,” tegas Ruksamin.

Ia berharap, adanya inoasi desa akan bisa merubah pola pikir masyarakat tentang bagaimana membangun daerah  dan meningkatkan perekonomian yang lebih besar

“Tahun 2024 ini masih ada beberapa desa lagi yang akan kita bina. Insya Allah akan lebih banyak inovasi desa lainya di Konut,” tutup Ruksamin.

Diketahui, dalam launching inovasi desa turut dihadiri Peneliti Utama Politik BRIN sekaligus peneliti senior LIPI, Profesor, Dr. R. Siti Zohro, Wakil Bupati Konut H. Abu Haera, S.Sos.,M.Si, Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Konut Safrudin, S.Pd.,M.pd, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Syukur Impi, unsur Forkopimda, Polres Konut, Kodim, Camat, Kepala Desa, dan tokoh masyarakat. (Akb)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img