BLK Kendari Gelar Pelatihan Kewirausahaan kepada Mahasiswa FUAD IAIN Kendari

KENDARI, WAJAHSULTRA.COM — Sebagai bentuk tindak lanjut atas kerja sama yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, BLK Kendari menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan untuk mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari di Aula BLK setempat, Senin (08/11).

Pelatihan kewirausahaan tersebut terbagi menjadi tiga program pelatihan yaitu Tata Kecantikan, Tata Boga dan Teknisi Handphone (HP) dengan jumlah peserta sebanyak 30 siswa yang dilaksanakan selama dua hari sejak 8-9 November 2021.

Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu mengatakan, kegiatan yang terlaksana hari ini merupakan salah satu tindak lanjut dari kerja sama yang telah terbangun dengan IAIN Kendari untuk menjadikan kampus merdeka dan merdeka belajar.

“Meski waktu pelatihan yang diselenggarakan terbilang singkat namun diharapkan dapat memberi keterampilan bagi para siswa dan Insya Allah setelah ini masih akan ada tindak lanjut sesuai hasil diskusi kami dengan Dekan FUAD,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk memperoleh kesuksesan ada beberapa hal yang mesti dikuasai, yaitu kecerdasan intelektual yang meliputi ilmu pengetahuan dan ketrampilan, kecerdasan emosional terkait bagaimana dengan pengendaliam diri, kecerdasan sosial terkait interaksi, dan kecerdasan spritual terkait penghambaan seseorang kepada Tuhannya.

“Empat hal ini adalah faktor penting untuk meraih kesuksesan yang harus dilandasi oleh kejujuran sebagai unsur utama,” jelasnya.

Keterampilan menjadi hal penting, lanjut orang nomor satu di BLK Kendari ini, sebab keterampilan dapat menolong seseorang untuk bisa bertahan dari berbagai ujian hidup, termasuk menolong keluarga atau kelompoknya dan bahkan masyarakat umum.

“Atas hal itu, saya berharap para mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti pelatihan ini, bisa bersungguh-sungguh sehingga apa yang dipelajari bisa bermanfaat bagi dirinya dan orang lain,” tuturnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Dekan FUAD IAIN Kendari Dr Nurdin, S. Ag., M. Pd mengucapkan terimakasih kepada Kepala BLK Kendari dan seluruh Keluarga Besar BLK Kendari atas terselenggaranya pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa IAIN Kendari. Hal ini merupakan implementasi dari kerja sama yang terbangun antara BLK Kendari dan IAIN Kendari.

“BLK Kendari merupakan lembaga dakwah dalam konteks mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al’Quran, sementara kami di kampus baru sebatas konsep saja yang mempelajari teori-teori,” tuturnya.

Mahasiswa IAIN Kendari, lanjut dia, memiliki kematangan dalam ilmu pengetahuan dan spritual serta sosial dan emosional. Semua itu, merupakan hal penting untuk bisa meraih kesuksesan namun masih membutuhkan faktor penunjang yakni keterampilan.

“Karena itu, kami mempercayakan BLK Kendari untuk memberikan keterampilan kepada mahasiswa kami, karena itu bidangnya BLK Kendari. Kami juga berharap, kedepan kegiatan-kegiatan seperti ini masih terus berlanjut,” tutupnya.

Diketahui, pada kegiatan pembukaan pelatihan kewirausahaan ini turut hadir Wakil Dekan I FUAD IAIN Kendari Sitti Fuziah, S.Pd.I., M.Pd, Wakil Dekan II FUAD IAIN Kendari Dra Rahmawati, M.Pd, Wakil Dekan III FUAD IAIN Kendari Dr. H. Ikhsan, M.Ag, Kepala Bagian (Kabag) FUAD IAIN Kendari Hj. Najmawati, M.Pd, para dosen FUAD IAIN Kendari, Ketua Dharma Wanita Persatuan BLK Kendari Ny. Mufridayani Polondu, Sub Koordinator Seksi Pemberdayaan BLK Kendari Ir. Nurjayanti, Sub Koordinator Seksi Penyelenggaraan BLK Kendari Fira Febrianti, S.Si., Instruktur dan staf BLK Kendari. (p3/c/hen)

spot_img
spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

BERITA TERKINI