Asrun Lio Sekda Sultra Buka Bimtek Aplikasi Simdata

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Simdata yang diselenggarakan di Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov. Sultra. (Senin, 6 Februari 2023)

Bimtek tersebut diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Prov. Sultra , yang akan menerima materi serta diskusi mengenai aplikasi SIMDATA yang rencana dilaksanakan selama 2 (dua) hari.

Kadis Kominfo Sultra bertindak sebagai Ketua panitia, menyampaikan bahwa dasar

pelaksanaan kegiatan ini adalah peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Gubernur Nomor 10 tahun 2021 tentang Satu Data Provinsi, sehingga Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Kominfo Sultra telah menyelesaikan pengembangan Aplikasi Simdata yang akan menjadi materi utama penyelenggaraan Bintek Simdata ini.

Oleh itu, integrasi data dari berbagai sumber akan berjalan dengan baik dan memastikan data yang tersedia adalah data yang akurat dan up-to-date, sehingga membantu pembangunan Prov. Sultra, kata Kadis Kominfo.

Menurut Kadis Kominfo, bahwa untuk memastikan aksesibilitas data dan transparansi

yang baik dengan Pemerintah perlu melakukan beberapa hal antara lain: Pertama Penyediaan Data secara Online, Kedua Standarisasi Data, Ketiga Koordinasi dengan Pemangku Kepentingan, Keempat Monitoring dan Evaluasi. Ditambahkan, dalam implementasi aplikasi satu data adalah, langkah penting untuk memastikan manajemen data yang efisien dan transparan di Provinsi Sulawsi Tenggara. Aplikasi ini memberikan keuntungan yang signifikan, seperti peningkatan efisien, transparasi dan kualitas pelayanan serta membuka peluang untuk menggunakan teknologi terbaru, jelasnya.

Pemanfaatkan Aplikasi Satu Data Provinsi Sulawesi Tenggara dapat memastikan bahwa data tersedia dan mudah diakses bagi pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan, hal ini memperkuat akuntabilitas dan memastikan bahwa pelayanan publik berkelanjutan dan terus ditingkatkan, paparnya.

Diakhir laporannya, Kadis Komimfo mengatakan bahwa sebagai implementasi aplikasi satu data, dapat membuka peluang besar bagi Provinsi Sultra untuk memastikan manajemen data yang efisien dan membantu membangun masyarakat yang lebih baik. Kita harus memastikan hasil yang positif bagi semua pihak.

Setelah itu pada sambutannya, Sekda Sultra Asrun Lio menyampaikan beberapa hal yang harus mendapat perhatian yang perlu ditindaklanjuti, yaitu; pertama diharapkan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Prov. Sultra agar secara berkala untuk selalu melakukan entry data dan melaksanakan fungsi administrasi pengelolaan aplikasi simdata yang terhubung dengan server utama pemerintah daerah Prov. Sultra. Kedua , dengan keberadaan Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sultra sebagai Walidata maka tidak ada lagi data yang tumpang tindih antara OPD satu dengan OPD yang Lainnya. Misalnya data yang bertanggung jawab tentang  stunting  yaitu Dinas Kesehatan ada juga di BKKBN tetapi siapa atau Dinas apa yang diberi tanggungjawab untuk menguptodate  data-data stunting itu ada pada BKKBN dan nanti yang terkait dengan  tindaklanjut penanganan stunting  ada di Dinas kesehatan serta kegiatan penyuluhan.

Ketiga , agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Dan bila belum memahami, untuk tidak segan bertanya kepada narasumber Jangan tidak mengerti lalu

bahwa pulang saja ketidak tauhan itu tapi bertanya disini sama narasumber  yang sudah terlatih untuk bagaimana mendapatkan solusi –solusi kalau ada problem-problem dalam pengiputan data-data itu. Keempat , untuk kedepannya data/laporan yang disampaikan dari Organisasi Perangkat Daerah kepada Walidata haruslah akurat dan akuntabel, karena data itu akan dijadikan sebagai kompilasi data ditingkat Provinsi. Selain itu data juga digunakan untuk pengambilan keputusan yang tepat harus berdasarkan data dan informasi yang tepat pula.

Lanjut dikatakan oleh Sekda bahwa harus dipahami, pengelolaan Simdata adalah sangat vital meskipun bukan alat vital tetapi dia sangat vital, dengan harapan program kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dan juga ditindaklanjuti hari-hari kedepan akan memberikan manfaat  bagi kita semua dalam membangun daerah yang kita cintai ini, tegas Sekda .(Sp/hen/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img