Asrun Lio Jenderal ASN Provinsi Sultra : Ada Beberapa Poin Penting yang Menjadi Tujuan Utama UU ASN

LAWORO, WAJAH SULTRA, COM–Asrun Lio Jenderal ASN Provinsi Sultra mengatakan, ada beberapa poin penting yang menjadi tujuan utama UU ASN. Pertama, bagaimana meningkatkan indenpendensi dan netralitas aparatur. Kedua, meningkatkan integritas dan kesejahteraan aparatur. Dan ketiga, meningkatkan kualitas pelayanan publik serta pengawasan dan akuntabilitas.

“Berangkat dari tujuan ini, maka organisasi Korpri merupakan wadah organisasi Pegawai Republik Indonesia yang diharapkan dapat mempersatukan serta menampung aspirasi segenap pegawai Republik Indonesia, utamanya dalam mengembangkan tugas pokoknya, baik sebagai abdi Negara, abdi Pemerintah, maupun abdi Masyarakat,” tutur mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini.

Lebih jauh, Sekda Sultra itu mengatakan,seperti perkumpulan profesi lainnya, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) diharapkan mampu menjadi wadah bertukar-pikiran bagi para anggotanya, sehingga bisa berinovasi, belajar hal baru dan lebih kritis, utamanya dalam menjawab permasalahan dihadapi serta bisa meningkatkan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Hal inilah yang menjadi salah satu pesan penting Sekda Provinsi Sultra yang juga sebagai Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD, usai mengukuhkan Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Muna Barat masa bakti 2023-2028, Kemarin, di Laworo, yang diantaranya dihadiri oleh Pj Bupati Muna Barat juga selaku Penasihat Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Mubar, Sekretaris Daerah Mubar Selaku Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Mubar, hingga para Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat.

“Kita perlu mencari cara agar bisa melayani masyarakat dengan makin cepat, makin baik, dan makin murah. Upaya tersebut tidak bisa dilakukan sendiri melainkan harus bersama-sama. Oleh karena itu, Kopri adalah perkumpulan para penyelenggara negara. Artinya, anggota Korpri harus mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi,” pesan Sekda Sultra ini.

Berkaitan hal tersebut maka tahun ini, Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Sulawesi Tenggara Masa Bakti 2021-2026, sedang melakukan tahapan konsolidasi, pemantauan dan penguatan organisasi. Oleh karena itu, pengukuhan Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Muna Barat menjadi penting untuk dijadikan momentum konsolidasi, penataan dan penguatan organisasi bagi jajaran Korpri di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Mantan Ketua Panwas Sultra ini mengatakan, dari 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, baru 6 Kabupaten yang telah dikukuhkan, yaitu Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan, Kota Kendari dan Kabupaten Buton. Termasuk sudah ada satu Kabupaten yang telah dibuatkan SK, yaitu Kabupaten Kolaka Timur, sehingga tinggal menunggu waktu pengukuhan Dewan Pengurus Korprinya.

.”Musyawarah Nasional KORPRI IX Tahun 2022 telah mengamanahkan empat program utama KORPRI, yakni:

Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi. Menguatkan ideologi dan karakter ASN. Perlindungan karier dan bantuan hukum ASN. Dan peningkatan kesejahteraan ASN. Untuk itu, inilah yang akan menjadi salah satu semangat Korpri Sultra dalam berbuat dan berinovasi,” tuturnya.

Selain itu, masih dia, Dewan Pengurus KORPRI Nasional  juga memiliki berbagai  program, antara lain Konsolidasi dan Penataan Organisasi di semua tingkat kepengurusan. Kemudian, Dialog Interaktif dalam bentuk Webinar dalam berbagai topik yang dilaksanakan secara rutin.

Mantan Kepala Sekretariat UHO Sultra ini melanjutkan, terdapat pula program lainnya, seperti Program KORPRI Mart, yakni berupa Pelaksanaan Hari Ulang Tahun KORPRI, yang dilaksanakan pada tanggal 29 November setiap tahunnya.

“Adapun Rencana Program Kerja yang akan dilaksanakan oleh Dewan Pengurus KORPRI Sulawesi Tenggara dalam waktu dekat pada Tahun 2024 ini, diantaranya Mengadakan Rapat Kerja Dewan Pengurus KORPRI Sulawesi Tenggara, yang direncanakan pada Maret 2024. Selanjutnya,  Mengadakan Sosialisasi LKBH, dan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional di Provinsi Kalimantan Tengah, yang dilaksanakan pada Juli 2024,” terangnya.

Dalam kesempatan itu juga, Sekda Sultra tak lupa menitipkan Korpri Mubar kepada Pj Bupati Mubar selaku Penasehat Dewan Pengurus  KORPRI Muna Barat, untuk senantiasa mendukung, baik dari sisi anggaran maupun kebijakan, agar KORPRI dapat betul-betul bermanfaat bagi para anggotanya.

“Kepada para pengurus yang baru dikukuhkan, saya ucapkan Selamat Bertugas, semoga ikhtiar yang kita lakukan dalam mensejahterakan Anggota KORPRI dicatat sebagai bagian dari ibadah kita.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa membimbing, melindungi dan melimpahkan taufik serta hidayah-Nya kepada kita sekalian, dalam upaya meningkatkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara tercinta,” harapnya. (**)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img