Anggota DPR RI Tina Nur Alam Gelontorkan Ribuan Beasiswa kepada Mahasiswa dan Siswa di Sultra

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Hj. Tina Nur Alam fokus memajukan bidang pendidikan di Provinsi Sultra dengan mengelontorkan 50 ribu beasiswa program Indonesia Pintar (PIP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI bagi siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi Mahasiswa Sultra.

Hal ini diungkapkan oleh Hj. Tina Nur Alam,  selaku anggota DPR RI Komisi X saat diwawancarai usai launching dan bedah buku Nur Alam beberapa waktu lalu.

“Saya sebagai anggota DPR RI Komisi X, saya melihat Sultra ini, pendidikannya memang masih sangat jauh dibawah dari Pulau Jawa, dan itu saya sangat berprihatin selaku anggota DPR RI, jika ada anak yang tidak sekolah, karena tidak punya biaya, itu jangan sampai terjadi di Provinsi Sultra,”ujarnya.

Lanjut anggota DPR RI dapil Sultra, untuk itu, sebagai Anggota DPR RI komisi X yang memang bermitrakan dengan Kemendikbudristek, saya memang berupaya dan mempunyai aspirasi untuk membagikan PIP beasiswa kepada anak-anak mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK serta KIP Kuliah untuk mahasiswa Strata 1 (S1).

“Syarat untuk mendapatkan beasiswa itu, tentu adalah keluarga yang tidak mampu dan juga anak-anak yang berprestasi, itu saja syaratnya,”terangnya.

Kata politisi Partai Nasdem ini, tentu untuk KIP Kuliah itu, harus memang syaratnya harus Index Prestasi (IP) 3,0 dan dalam pendidikan selama 8 semester itu, tidak boleh menikah dulu, karena harus kuliah sampai selesai, itu syaratnya.

“Dan alhamdulillah, mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Universitas Halu Oleo (UHO), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari, dan juga Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) dan mahasiswa yang sekolah di Jakarta, yang lagi di Jakarta yang kuliah di Universitas Ibnu Khaldun (UIK) itu ada banyak yang mendapatkan beasiswa KIP dari saya,”bebernya.

Kata Istri mantan Gubernur Sultra Nur Alam ini, bahwa Itu Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)nya, langsung ditransfer ke Universitas mereka masing-masing, dan biaya hidup mereka selama 8 semester, itu ditransfer langsung ke rekening mahasiswa tersebut.

“Nilai beasiswanya, dilihat dari strata itunya, kurang lebih Rp. 8 juta, ada Rp. 6 Juta, dan untuk capaiannya di Sultra, saya untuk KIP Kuliah sebanyak 500 mahasiswa dan kalau untuk PIP SD, SMP, SMA dan SMK sebanyak 50 ribu siswa dan siswi yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sultra,”pungkasnya.(IMR/hen).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img