Ali Mazi Kisahkan Perjalanan Politiknya Hingga Menjadi Gubernur Sultra Dua Priode

KENDARI,WAJAHSULTRA.COM–Sebelum menyampaikan success story perjalanan politiknya hingga menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara dua periode, secara pribadi, Gubernur Ali Mazi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada DPD KNPI Sulawesi Tenggara.

Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., menyampaikan kisah success story pencapaiannya pada Kegiatan Penguatan Kapasitas dan Penyediaan Kader Kebangsaan serta Sekolah Politik yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara, di Hotel Same Boutique, Kendari, 8 Agustus 2022.

Acara ini dihadiri oleh Ketua DPD KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara, Alvin Akawijaya Putra, bersama segenap pengurus KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara; Sekretaris KNPI, Muhammad Daulat; Kepala Sekolah Politik, La Ode Azizul Kadir; para Ketua DPC KNPI Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara; para Ketua Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) se-Sulawesi Tenggara; para Peserta Sekolah Politik DPD KNPI Sulawesi Tenggara.

“Sebelum menyampaikan success story perjalanan politik saya hingga menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara dua periode, saya secara pribadi, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada DPD KNPI Sulawesi Tenggara yang telah mengundang saya untuk hadir dan menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini menghasilkan output sebagaimana tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan sekolah politik DPD KNPI Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur Ali Mazi mengawali kisah pencapaiannya.

Selanjutnya, Gubernur Ali Mazi menguraikan secara singkat success story perjalanan politiknya yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pemuda Sulawesi Tenggara dalam melaksanakan berbagai peran kebangsaan, khususnya peran politik.

Tahun 2008 saat terpilih Ali Mazi menjadi Gubernur Sultra Periode 2008 – 2013, berpasangan dengan Yusran Silondae melalui pemilihan di DPRD Prov. Sulawesi Tenggara lewat pintu Partai Golkar. Mengusung visi  : “Terwujudnya Sultra Raya 2020”. Program unggulan dikemas dalam Program SMS (Stelsel Masyarakat Sejahtera). Menjadi Ketua DPD Golkar Provinsi Sultra Tahun 2004-2009.

Ikut membangun dan mendirikan Ormas NasDem, dan Partai NasDem: Pendirian Ormas NasDem, tanggal 1 Februari 2010; Menjadi Ketua Ormas NasDem tahun 2010; Ikut mendirikan Partai NasDem tanggal 26 juli 2011; dan menjadi Ketua DPW Partai NasDem Sultra (2014 – 2016).

Ali Mazi, di tahun 2018 terpilih lagi menjadi Gubernur Sultra Periode 2018 – 2023 berpasangan dengan Lukman Abunawas melalui pilkada langsung. Gubernur Ali Mazi mengusung visi : Terwujudnya Sulawesi Tenggara, yang Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat.

Visi tersebut dijabarkan kedalam 4 misi: 1) Meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar dapat berdaulat dan aman dalam bidang ekonomi, pangan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, politik, serta iman dan taqwa; 2) Memajukan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi; 3) Mendorong birokrasi pemerintahan provinsi yang modern, tata kelola pemerintahan desa yang baik serta memberikan bantuan kepada kecamatan dan kelurahan sebagai pusat pelayanan pemerintahan; dan 4) Meningkatkan konektivitas dan kemitraan antar pemerintah, swasta & masyarakat dalam rangka peningkatan daya saing daerah melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur dan aspek-aspek sosial ekonomi.

Visi dan Misi tersebut, diimplementasikan kedalam 5 program prioritas, yaitu : Sulawesi Tenggara berbudaya dan beriman; Sulawesi Tenggara cerdas; Sulawesi Tenggara sehat; Sulawesi Tenggara produktif dan Sulawesi Tenggara peduli kemiskinan.

Ke dalam tiga program starategis: 1) Pembangunan Jalan Kendari menuju Kawasan Wisata Toronipa sepanjang 14,6 Km; 2) Pembangunan RS. Jantung Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo; 3) Pembangunan Perpustakaan Modern Sultra Bertaraf Internasional.

“Strategi pendekatan yang saya digunakan adalah Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Daratan dan Lautan/Kepulauan, atau yang dikenal dengan akronim GARBARATA. Tahun 2021 kembali memimpin DPW Partai NasDem,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Demikian success story perjalanan politik Gubernur Ali Mazi yang dapat disampaikan untuk menjadi bahan diskusi pada kegiatan sekolah politik yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi pemuda Sulawesi Tenggara untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan Sulawesi Tenggara.

DPW NasDem Sultra

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Tenggara menargetkan kadernya bisa menduduki 105 kursi legislatif baik DPR RI, DPRD provinsi maupun kabupaten/kota pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua DPW NasDem Sultra, Ali Mazi, saat memberikan laporan pada Rapat Kerja Nasional NasDem di Jakarta, mengatakan kader partai yang duduk sebagai anggota legislatif hasil Pemilu 2019 sebanyak 61 orang dengan rincian di DPRD kabupaten/kota 55, DPRD provinsi lima dan DPR RI satu orang.

“Kami menargetkan perolehan kursi DPW Partai NasDem Sulawesi Tenggara di parlemen pada pemilu 2024 adalah dua kursi DPR RI, DPRD provinsi untuk enam dapil 12 kursi, dan 91 kursi DPRD kabupaten/kota, dengan estimasi total berjumlah 105 kursi,” kata Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi menyebut sebanyak 157 kader partai telah mendaftarkan diri untuk maju bakal calon legislatif baik kursi DPR RI, DPRD provinsi maupun kabupaten/kota pada Pemilu 2024 mendatang.

“Kader NasDem yang telah terdaftar sebagai bakal caleg tahun 2024, yang telah mendaftar per 8 Juni 2022 ada empat orang untuk DPR RI, 19 orang untuk DPRD provinsi, dan 127 orang DPRD kabupaten/kota,” jelas Gubernur Ali Mazi.

Dalam laporannya, Gubernur Ali Mazi juga menyampaikan bahwa Badan Pemenangan Pemilu DPW NasDem Sultra akan melakukan survei dapil di Sulawesi Tenggara yang bekerjasama dengan lembaga survei.

Gubernur Ali Mazi juga menyampaikan, untuk pendidikan politik berupa kegiatan, jangkauan dan frekuensi untuk memperkuat ideologi, organisasi dan kaderisasi, DPW NasDem Sultra telah melaksanakan rapat kerja daerah di 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara dan kegiatan dialogis rutin tiap bulan DPW bersama DPD dan DPC. “Kegiatan seminar dan peran pemuda dalam politik bekerja sama dengan KNPI Sultra, Perwakilan DPD dan DPC, juga kegiatan workshop administrasi kepartaian sekali setahun bersama DPD dan DPC).”

Selain itu, Gubernur Ali Mazi melaporkan bahwa konsolidasi struktur sesuai Nomenklatur PP NasDem Nomor 1 Tahun 2020. Perekrutan bakal caleg yang dilakukan DPW NasDem Sultra, saat ini DPW dan 17 DPD se-Sultra membuka pendaftaran bakal caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/Kota se-Sultra, dengan tema NasDem Memanggil.

Rakernas Partai NasDem turut hadir The Founding Father, sekaligus Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh dan Pengurus DPP, DPW dan DPD seluruh Indonesia, serta segenap fungsionaris dan kader Partai NasDem.

Pada kesempatan Rakernas Partai NasDem ini, Gubernur Ali Mazi selaku Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sultra menyampaikan laporan kondisi dan perkembangan Partai NasDem Sulawesi Tenggara terkini. (Ilham/hen)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img