Diskominfo Sultra Gelar Bimtek Pengelolaan Website Terintegrasi Lingkup Pemprov

KENDARI, WAJAHSULTRA.COM— Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tingkat 1  Sultra bekerja sama dengan Technos Studio menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan website terintegrasi pada website resmi Pemprov dengan laman https://sultraprov.go.id, Rabu 4 Agustus 2021.

Kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari kegiatan pembuatan website OPD pada Dinas Kominfo Sultra atas 10 OPD yang belum memiliki website dan merupakan pengamalan dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 5 Tahun 2015 tentang Registrasi Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara sesuai dengan pasal 4 Ayat (1) yang menyatakan instansi wajib mendaftarkan dan menggunakan domain sebagai alamat elektronik resmi instansi.

Selain itu, Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada pasal 5 poin C yaitu terlaksananya peningkatan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan OPD yang terpadu dan terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan publik yang akuntabel.

Adapun Bimtek tersebut dilaksanakan di Aula Diskominfo Sultra dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Sultra M. Ridwan Badallah. Turut hadir para pejabat eselon III dan IV. Beberapa diantaranya membawakan materi di bidang masing-masing.

Dalam sambutannya, Kadis Kominfo Sultra M. Ridwan Badallah menekankan peningkatan pembangunan berbasis data yang terintegrasi.

Dengan kata lain, kata dia, data adalah sumber utama suatu kebijakan dibuat dalam pembangunan. Untuk itu, dibutuhkan suatu media terintegrasi yaitu penyediaan informasi berupa website disemua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Provinsi Sultra.

“Saya mengajak untuk saling bekerja sama dalam membangun sistem informasi website terintegrasi di lingkup Pemprov Sultra untuk memudahkan kepala daerah dan Komisi Informasi dalam melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan seluruh OPD,” ungkap Ridwan Badallah berdasarkan sumber Diskominfo Sultra.

 

“Bimtek pertama ini mengundang 20 admin OPD yang telah mengintegrasikan websitenya ke dalam domain sultraprov.go.id. Nanti ditahun anggaran berikutnya pihak Diskominfo Sultra akan mengusulkan lagi sisanya dari 34 OPD lingkup Pemprov Sultra,” sambungnya.

 

Lanjut dia, pembangunan infrastruktur TIK membutuhkan biaya yang besar sehingga dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu target jangka panjang dari kegiatan ini adalah seluruh OPD nantinya secara bertahap akan dilakukan pengintegrasian dengan website resmi pemerintah.

Untuk diketahui, kegiatan Bimtek itu dihadiri lima pemateri yang berasal dari masing-masing bidang di Dinas Kominfo Sultra, diantaranya Andi Asnawati Achmad (Bidang Data Center), Mustamar (Bidang TIK), Hardin (Bidang IKP), Muh. Akbar Sanggoleo (Bidang Persandian) dan Ahmad Yasir. (hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img