KPU Sultra Gelar Bimtek Persiapan Pengamanan dan Pelatihan Keprotokolan Pilkada 2024

KENDARI, WAJAH SULTRA, COM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar bimbingan teknis persiapan pengamanan dan pelatihan keprotokolan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)Serentak Tahun 2024 di Hotel Qubah 9 Kendari, Senin (05/08/2024).

Ketua KPU Sultra, Asrin mengatakan, proses tahapan pilkada yang akan dihadapi dalam waktu dekat ini adalah pendaftaran pasangan calon.

Menyadari bahwa pada proses tersebut cukup rawan maka penting kiranya untuk kembali mengingatkan tugas jagat saksana di lingkup KPU Se Sultra tahapan tersebut berjalan lancar.

“Perlunya koordinasi dengan pihak kepolisian dalam proses pendaftaran. Misalnya berkaitan dengan siapa yang boleh dan tidak boleh masuk dalam ruangan saat pendaftaran. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” ungkap Asril.

Selain itu, dibutuhkan juga seorang protokoler yang tugasnya bertanggungjawab terhadap situasi pada saat kegiatan berlangsung.

“Keberadaan protokoler penting untuk mengatur semua kondisi yang ada di kegiatan, kemudian wajib dilaporkan kepada pimpinan terkait dengan kesiapan semua teknis kegiatan,” tambahnya.

Sekedar informasi, dalam bimbingan teknis ini dihadirkan pemateri dari Polda Sultra, Bagian keprotokolan Pemprov Sultra, serta Damkar Kota Kendari. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img