Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Nur Saleh Buka Penyuluhan Layanan Sadar Arsip di Hotel Kubah 9 Kendari

KENDARI, WAJAH SULTRA, COM–Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara, Nur Saleh, S.Pd.,MM.,Pub membuka kegiatan Penyuluhan Layanan Sadar Arsip yang diselenggarakan di Hotel Kubah9, Kendari (10/07/2024).

Hadir pada acara pembukaan tersebut, para Pejabat Struktural dan Fungsional lingkup Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sultra. Adapun peserta dari Penyuluhan adalah para pejabat fungsional dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/ Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain itu, Sub. Bagian Kepegawaiaan yang menangani kearsipan lingkup Pemprov. Sultra serta para fungsional dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra.

Pada sambutannya, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, Nur Saleh mengatakan Kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-nya, penyuluhan ini dapat dilaksanakan yang merupakan salah satu tugas pokok Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Pada umumnya kantor pemerintahan ataupun perusahaan cenderung mengarsipkan seluruh koleksi dokumen. Dokumen yang diarsipkan tersebut suatu saat diperlukan untuk dapat digunakan lagi di masa depan”, jelas Kadis.

Adapun manfaat dari pengarsipan sendiri adalah; Mencegah kehilangan data, meningkatkan keamanan dan penunjang tugas pengelolah administrasi di perkantoran atau di perusahaan.

“Dokumen yang belum diarsipkan dengan baik berpotensi besar untuk hilang selamanya. Selain itu, dokumen yang belum diarsipkan akan menjadi sangat sulit untuk ditemukan khususnya apabila dokumen itu sangat dibutuhkan. Dokumen yang dikelola dengan sistem pengarsipan yang baik akan menjadi sarana pencegahan kehilangan dan juga memungkinkan pengambilan kembali dokumen dengan cepat”, tegas Kadis.

Rapat penyuluhan sadar arsip ini dilaksnakan sehari penuh dengan harapan, apa yang didapatkan dari narasumber dapat bermanfaat untuk pelaksanaan tugas di kantor masing-masing, kata Saiful selaku penanggungjawab kegiatan ini. *(IKP/Wnd)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img